Kunjungi Gereja Santa Maria di Sidoarjo, Khofifah Ingatkan Prokes Tak Kendor

Kunjungi Gereja Santa Maria di Sidoarjo, Khofifah Ingatkan Prokes Tak Kendor Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyapa jemaat di Gereja Santa Maria, Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan di Santa Maria yang ada di Jalan Mangonsidi, Sidoarjo, Kamis (24/12/2020). Kunjungan tersebut terkait pelaksanaan ibadah umat kristiani saat misa dan hari natal besok.

Tampak hadir mendampingi dalam kunjungan tersebut, Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayje Suharyanto, Sekda Provinsi Jatim Heru Tjahjono. Selain itu, Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono bersama Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Sumardji juga turut mendampingi.

Khofifah menyampaikan, pelaksanaan peribadatan di gereja tersebut telah menerapkan protokol kesehatan ketat. Jemaat yang hadir pun dibatasi agar bisa memaksimalkan area physical distancing saat pelaksansaan ibadah.

"Para jemaat yang hadir tidak lebih dari 25 persen jumlah jemaat gereja. Mereka membawa undangan dan harus mengisi aplikasi sesuai undangan yang dimiliki," kata Khofifah, Kamis (24/12/2020).

Bagi jamaah yang lain, menurutnya, juga tetap bisa mengikuti peribadatan dari rumah. Sebab ibadah perayaan natal di gereja tersebut juga digelar melalui virtual oleh pihak gereja. Dia meminta agar masyarakat juga tidak kendor dalam menerapkan prokes ketat dalam kegiatannya.

"Hari ini banyak ditemukan di berbagai daerah, termasuk Jatim, ada peningkatan jumlah kasus yang tinggi. Sehingga, saya mohon, segala kegiatan tetap berseiring dengan prokes ketat," ujarnya.

Di Sidoarjo sendiri terdapat 91 gereja yang melaksanakan ibadah natal. Para jemaah diwajibkan menerapkan protokol kesehatan ketat. Jumlah kapasitas pun maksimal hanya boleh dihadiri 25 persen dari jumlah jemaat gerejanya.

Aparat penegak hukum juga telah menerjunkan personelnya untuk menjaga keamanan saat prosesi ibadah berlangsung. Mulai dari aparat kepolisian, TNI, hingga Banser turut serta mensukseskan perayaan hari natal di Sidoarjo agar berjalan aman dan kondusif. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO