Gelar Apel Pasukan Ops Lilin Semeru, ​Kapolres Tuban Berharap Tak Ada Klaster Baru Setelah Nataru

Gelar Apel Pasukan Ops Lilin Semeru, ​Kapolres Tuban Berharap Tak Ada Klaster Baru Setelah Nataru Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2020 di Mapolres Tuban, Senin (21/12/2020). (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono berharap tidak ada klaster baru penyebaran Covid-19 setelah momen Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal itu diungkapkan Kapolres Tuban saat memimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2020 di Mapolres Tuban, Senin (21/12/2020).

"Jangan sampai terjadi klaster baru setelah perayaan Natal dan Tahun Baru," terang AKBP Ruruh Wicaksono.

Mantan Kapolres Madiun ini mengingatkan agar pengamanan Nataru ini tidak dianggap agenda rutin pengamanan biasa. Sebab, hal itu dapat mengakibatkan pelaksanaan pengamanan cenderung underestimate serta kurang waspada.

Kapolres meminta pihak-pihak terkait mengamati setiap dinamika perkembangan di masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini.

"Kami tegaskan lagi jangan sampai perayaan kegiatan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru," paparnya.

Kata dia, akan bekerja sama dengan instansi terkait untuk memberikan imbauan tentanag pentingnya protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat di tempat-tempat keramaian. Tujuannya, untuk menekan angka penyebarannya di Bumi Wali.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menghindari kerumunan dan mematuhi protokol kesehatan. Kami akan bekerja sama dengan TNI, Dishub, dan Satpol PP akan melakukan patroli ke tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan masyarakat, dan jangan lupa selalu melakukan 3M agar terhindar dari penularan Covid-19," pesannya.

Lanjut kata Ruruh, operasi kepolisian terpusat yang bersandi "Lilin Semeru 2020" ini akan digelar selama 15 hari dimulai pada 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Selanjutnya, objek yang menjadi saran pengamanan antara lain gereja, tempat hiburan, tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat keramaian.

"Operasi ini akan melibatkan personel gabungan yang terdiri atas 185 personel dibantu Sub Denpom 3 personel, 23 personel dari TNI Kodim 0811, Dishub 12 personel, Satpol PP 21 personel, BPBD 6 personel, serta Kesehatan 6 personel. Kita ada 4 pos, 3 pos pam dan 1 pos pelayanan mulai dari Bancar, Rest Area, Pos Boom, dan Pos Pantai Kelapa Panyuran," pungkasnya. (wan/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO