Masa Pandemi, Jumlah Partisipasi Pemilih di Pilkada Trenggalek Meningkat

Masa Pandemi, Jumlah Partisipasi Pemilih di Pilkada Trenggalek Meningkat Rapat Pleno Rekapitulasi KPU di Hotel Hayam Wuruk, Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Partisipasi pemilih di Pilkada Trenggalek 2020 tercatat meningkat dibanding pilkada sebelumnya, meski digelar di tengah pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, partisipasi pemilih pilkada tahun ini meningkat dibanding pilkada lima tahun yang lalu. Peningkatannya 0,1 persen," kata Ketua KPU Trenggalek, Gembong Derita Hadi ketika dikonfirmasi melalui saluran telepon, Selasa (15/12).

Untuk itu, Gembong menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh masyarakat Kabupaten Trenggalek yang telah berpartisipasi menyalurkan hak suaranya.

Dikatakan oleh Gembong, peningkatan angka partisipasi pemilih tersebut didasarkan pada rapat rekapitulasi KPU Trenggalek yang digelar hari ini (Selasa) di Hotel Hayam Wuruk, Trenggalek.

Dijelaskan oleh Gembong, pada pilkada tahun ini Daftar Pemilih Tetap atau DPT ditetapkan sebanyak  581.880 pemilih. Sementara jumlah pemilih yang hadir di TPS (Tempat Pemungutan Suara) adalah 395.114.

Sehingga apabila dipersentase, partisipasi pemilih pada Pilkada Tahun 2020 sebesar 67,9 persen, meningkat 0,1 persen dibanding Pilkada Tahun 2015 yang saat itu 67,8 persen.

Ia bersyukur atas peningkatan itu, karena pilkada tahun ini cukup sulit lantaran harus dihelat di tengah pandemi Covid-19. Ia mengaku sempat khawatir jika jumlah pemilih akan mengalami penurunan.

"Namun berkat kerja keras dari seluruh jajaran kami, alhamdullilah jumlah partisipasi meningkat. Dan sekali lagi saya sampaikan terima kasih pada seluruh jajaran KPU. Mulai dari tingkat kabupaten hingga desa yang telah bekerja keras serta para pihak yang turut serta mensukseskan Pilkada Trenggalek tahun ini," tutupnya. (man/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO