Rabu, 21 April 2021 05:15

Waspada Banjir! Debit Sungai Bengawan Madiun dan Bengawan Solo di Ngawi Meningkat

Minggu, 13 Desember 2020 17:24 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Zainal Abidin
Waspada Banjir! Debit Sungai Bengawan Madiun dan Bengawan Solo di Ngawi Meningkat
Seorang warga sedang memantau ketinggian air Sungai Bengawan Solo.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi yang tinggal di bantaran Sungai Bengawan Madiun dan Bengawan Solo diimbau waspada. Pasalnya, terjadi peningkatan debit air dari dua sungai besar yang melintasi wilayah Kabupaten Ngawi tersebut.

Bahkan berdasarkan informasi yang dihimpun BANGSAONLINE.com, debit air Sungai Bengawan Madiun sudah menggenangi sekitar lokasi Taman Candi Desa Beran, Kecamatan Ngawi.

"Untuk ketinggian air Sungai Bengawan Solo terjadi peningkatan. Dari status waspada menjadi warna kuning. Diharapkan warga waspada yang di sekitar sungai bengawan Solo," imbau Kapolres Ngawi, AKBP I Wayan Winaya pada BANGSAONLINE, Minggu (13/12/2020).

Karena luapan Sungai Bengawan Madiun sudah mulai menyebabkan genangan, pihak kepolisian pun melarang aktivitas jasa penyeberangan dengan menggunakan perahu. Hal tersebut dilakukan demi mengantisipasi terjadinya risiko akibat dari derasnya arus sungai.

BACA JUGA : 

Lakukan Rotasi Jabatan, Kapolres Ngawi Pimpin Sertijab Tiga Perwira

Dukung Program Pemerintah, ​Kodim 0805/Ngawi Gelar Vaksinasi Lansia

Jelang Operasi Ketupat Semeru 2021, ​Forkopimda Ngawi Persiapkan Larangan Mudik

Meski Tampak Ramai, Polisi Pastikan ​Pencairan BST di Kantor Pos Ngawi Aman

"Karena arus deras maka, warga yang menjalankan jasa penyeberangan dihentikan, karena arus air cukup deras," terangnya.

Dari pihak jajaran Polres Ngawi sendiri telah berkoordinasi dengan forkopimda dan instansi terkait demi mengantisipasi datangnya banjir, dengan melakukan pemantauan debit air di dua sungai besar yang melintasi Kabupaten Ngawi.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan BPBD. Dan saat ini (Minggu, red) ketinggian air Bengawan Solo dan Madiun di atas 7 meter dan menunjukkan warna kuning, yang artinya waspada. Sedangkan yang normal di bawah 4 meter," urainya.

Orang nomor satu di Polres Ngawi ini juga mengimbau warga yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai untuk waspada. Apalagi beberapa hari belakangan ini curah hujan cukup tinggi.

"Untuk warga yang berada di sekitar aliran Sungai Bengawan Solo maupun Bengawan Madiun harus waspada apabila terjadi peningkatan terus debit air," pungkasnya. (nal/rev)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...