Hiu Seberat 6 Ton Masuk Kanal PLTU Paiton Probolinggo Sulit Dievakuasi

Hiu Seberat 6 Ton Masuk Kanal PLTU Paiton Probolinggo Sulit Dievakuasi Foto: detik.com

BangsaOnline - Seekor paus terperangkap di dalam kanal Paiton Probolinggo, Jawa Timur. Saat ini petugas masih berupaya mengevakuasi paus dari yang ada di pinggir laut ini.

"Memang betul ada paus yang masuk kanal," kata Kepala humas Perusahaan listrik negara, PLN Bambang Dwi Yanto kepada detikcom, Sabtu (7/2/2015).

Bambang mengatakan, saat ini petugas dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut dari Kementerian Kelautan dan Perikanan masih mencoba mengevakuasi paus tersebut. "Masih coba dievakuasi," katanya.

Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan juga mendapatkan laporan mengenai yang terjebak itu pada 2 Februari lalu. Saat ini berukuran lima meter sampai enam meter ini masih terperangkap di kanal tersebut. Hiu paus merupakan jenis ikan berukuran besar yang statusnya telah dilindungi oleh Kepmen KP 18 Tahun 2013.

Penyelamatan paus seberat 6 ton ini bukan perkara mudah sehingga sebuah tim akan segera dibentuk.

"Kita akan bentuk tim dengan melibatkan para ahli, rencananya kita akan mengadakan pertemuan pada Rabu  11 Februari menatang," kata Kepala Balai Pengelolaan Sumber daya Pesisir dan Laut Denpasar Bapak Ikram M Sangadji saat dihubungi detikcom, Sabtu (7/2/2015).

Memindahkan paus ini tentunya bukan perkara mudah. Hal ini disebabkan hewan ini memiliki berat 6 ton dan juga panjang sekitar 6 meter. "Karena itu kita bentuk tim, selain itu posisi hewan ini ada di yang merupakan objek vital," katanya.

Ikram menduga, ikan ini terpisah dari kawanannya, karena hewan ini biasanya bergerak secara berkelompok. Hewan ini masuk ke kanal diduga karena mencari makanan berupa plankton.

"Di kanal itu ada pertemuan antara pasang dan surut sehingga kandungan nutrisinya tinggi. Diperkirakan dia mengikuti arus sehingga masuk ke dalam kanal tersebut," katanya.

Ikram mengatakan, ini mencari makanan dengan mencari plankton di lautan. Caranya dengan menyaring air laut melalui mulutnya. "Jadi bukan yang memakan ikan," katanya.

Kawasan Probolinggo merupakan daerah persebaran Hiu Paus. Hiu ini biasanya bergerak dari kawasan ini menuju ke kawasan Surabaya.

Sumber: detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO