15 Napi Lapas Blitar Terpapar Covid-19

15 Napi Lapas Blitar Terpapar Covid-19 Gerbang Lapas Kelas IIB Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 15 penghuni lembaga pemasyarakatan kelas II B Blitar positif terpapar Covid-19. Data Satgas Penanganan Covid-19 Kota Blitar menyebutkan, ada tambahan 15 kasus positif baru dari Kelurahan Kepanjenlor, Kecamatan Kepanjen Kidul.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Blitar Didik Djumianto mengaku, 15 orang itu berasal dari Lapas Kelas II B Blitar. Menurut dia, awalnya ditemukan seorang narapidana Lapas mengalami gejala mengarah ke Covid-19. Kemudian setelah dilakukan swab test, napi tersebut dinyatakan positif Covid-19.

"Dari kasus yang kita swab ada satu positif, terus kita kembangkan kontak eratnya, kita tracing. Kemudian 33 kontak erat kami swab dan hasilnya ada 14 orang lagi yang dinyatakan positif," ujar Didik, Jumat (27/11/2020).

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Keamanan Lapas Kelas II B Blitar Bambang Setiawan mengungkapkan, pihaknya telah mengambil sejumlah langkah terkait hal ini. Pihaknya meminta Satgas Covid-19 Kota Blitar memperluas tracing. Kemudian dilakukan swab test kepada semua penghuni Blok B di Lapas Kelas II Blitar. Ada sekitar 89 penghuni yang di-swab dan saat ini masih menunggu hasil.

"Saat ini untuk Blok B di Lapas Kelas II B Blitar diisolasi penuh. Selain itu, besok semua petugas dan pegawai Lapas juga akan menjalani tes swab agar kalau ada yang positif penularannya bisa segera diputus," jelas Bambang.

Bambang mengaku, selama ini penerapan protokol kesehatan sudah dijalankan di dalam Lapas. Pihaknya juga memberlakukan screening dan rapid test terhadap penghuni baru yang akan masuk lapas.

"Kami sudah melaksanakan prosedur dengan melakukan rapid test saat penerimaan tahanan. Dan di masa pandemi ini kami juga meniadakan kunjungan. Namun pada akhirnya masih ada yang positif," imbuhnya.

Untuk diketahui, Blok B Lapas Kelas II B Blitar tersebut dihuni narapidana manula di atas 50 tahun. Lapas Kelas II B Blitar sendiri saat ini dihuni oleh 455 warga binaan dari kapasitas 185 warga binaan. (ina/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO