Kamis, 28 Januari 2021 00:07

Timbulkan Bau Busuk, Warga Tiga Desa Mulai Keluhkan Pemasangan Pipa Limbah Perusahaan

Kamis, 26 November 2020 16:56 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
Timbulkan Bau Busuk, Warga Tiga Desa Mulai Keluhkan Pemasangan Pipa Limbah Perusahaan
Najib Setiawan, anggota Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Upaya pihak DLH untuk mengatasi persoalan limbah dari beberapa perusahaan di Desa Wonokoyo dan Gununggangsir ternyata menimbulkan permasalahan baru.

Pasalnya, buangan limbah yang mengalir melalui Kali Selorawan dengan mengalihkan ke Kali Jejeran melalui pemasangan pipa ternyata menimbulkan bau busuk yang dirasakan ratusan warga di tiga desa. Mulai dari Desa Kedungringin, Kedungboto, dan sebagian warga Cangkringmalang, Kecamatan Beji. Bau busuk itu dirasakan sejak sebulan kemarin.

Najib Setiawan, anggota Komisi I DPRD Pasuruan asal Desa Kedungringin, Kecamatan Beji mengaku mendapat sejumlah keluhan dari masyarakat terkait dengan pembuangan limbah perusahaan di Sungai Wrati melalui proyek pipa.

"Mereka mengeluhkan soal bau busuk dari pipa pembuangan limbah ke Sungai Wrati karena tidak ada sosialisasi terlebih dahulu ke warga," jelasnya.

Menurutnya, warga menuding proyek pipa pembuangan limbah yang dibangun di Kali Jejeran tersebut untuk memuluskan pembuangan limbah dari 5 perusahaan yang ada di Desa Wonokoyo, Desa Gununggangsir, dan Desa Cangkringmalang. 

Terpisah, Kepala DLH Heru Ferianto yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com mengakui pemasangan pipa transmisi pembuangan limbah memang belum disosialisasikan kepada masyarakat sekitar. Tapi sebelum kegiatan dilakukan, pihak DLH bersama dengan beberapa perusahaan mengundang para kepala desa untuk membahas permasalahan tersebut.

"Kalau sosialisasi ke warga memang belum dilakukan. Tapi, empat kepala desa sudah kita undang rapat bersama dengan perusahaan," jelasnya.

Menurut Heru, selama ini DLH berupaya memastikan agar limbah perusahaan yang akan dibuang ke Sungai Wrati sesuai dengan baku mutu sehingga tidak berdampak pada warga yang tinggal di sepanjang Sungai Wrati. (bib/par/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...