Rabu, 27 Januari 2021 22:36

DPRD Jatim Dukung Pembelajaran Kitab Kuning di Sekolah Umum

Senin, 23 November 2020 21:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
DPRD Jatim Dukung Pembelajaran Kitab Kuning di Sekolah Umum
Anik Maslachah, S.Pd., M.Si., Wakil Ketua DPRD Jatim. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rencana pembelajaran kitab kuning di sekolah umum yang akan diterapkan di Kabupaten Gresik pada tahun ajaran depan, mendapat dukungan dari Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Anik Maslachah. Menurut Anik, hal yang sama bisa juga diterapkan di Kabupaten/Kota lain di Jawa Timur.

Pimpinan DPRD Jatim perempuan pertama di era reformasi ini menilai pembelajaran kitab kuning kepada siswa sekolah yang selama ini hanya dipelajari pesantren, sebuah terobosan yang sangat baik. Dengan begitu, siswa menjadi paham pengetahuan agama seperti hadist, tafsir, dan fiqih sehingga membentuk akhlak dan karakter mereka.

"Saya kira pembelajaran kitab kuning di Gresik yang diinisiasi oleh Kakan Kemenag Gresik sangat positif, tentunya kita dukung. Terserah, nantinya masuk muatan lokal atau ekstra kurikuler di sekolah. Saya justru berharap hal itu bisa diterapkan di seluruh Jatim," tutur Anik Maslachah, Senin (23/11/2020).

Mantan aktivis IPPNU ini mengungkapkan, sejatinya pembelajaran kitab kuning itu sejalan dengan Raperda Pengembangan Pondok Pesantren yang diinisiasi Fraksi PKB di DPRD Jatim. Dalam raperda itu, lanjut Anik, ada tiga fungsi utama, yakni pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan ekonomi.

Anik mengatakan kitab kuning masuk dalam fungsi pendidikan dan dakwah dalam Raperda Pengembangan Pondok Pesantren. Karena itu, dengan keberadaan raperda ini nantinya bisa memperkuat eksistensi pondok pesantren di Jawa Timur.

"Kalau kitab kuning saja sudah diajarkan di sekolah umum sebagai bagian dari afirmatif kearifan lokal. Saya kira perda pengembangan pondok pesantren ini juga menjadi penting bagi Jawa Timur yang merupakan provinsi dengan jumlah pondok pesantren terbanyak di Indonesia," imbuh alumni Unesa Surabaya ini.

Sementara itu, Firdaus Markus, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik yang menginisiasi pembelajaran kitab kuning berharap siapa pun Bupati Gresik terpilih bisa menjalankan program ini. Markus mengaku sampai saat ini persiapan pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di sekolah umum, baik negeri maupun swasta sudah siap.

Bahkan inisiatifnya itu disambut baik oleh pimpinan ormas Islam di Gresik, tidak hanya Nahdlatul Ulama (NU), tapi juga Muhammadiyah. Sinyal positif itu ia dapat setelah bertemu dan berdiskusi dengan para pimpinan ormas tersebut.

"Alhamdulillah, baik NU dan Muhammadiyah sudah oke. Bahkan Ketua Muhammadiyah Gresik ternyata punya koleksi kitab kuning juga. Sekarang tinggal eksekusi di tangan Bupati Gresik terpilih nanti," pungkas mantan Kasubag Humas Kanwil Kemenag Jatim tersebut. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...