Senin, 18 Januari 2021 14:15

​Selalu Siap Siaga Menghadapi Ancaman Bencana

Senin, 23 November 2020 13:10 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
​Selalu Siap Siaga Menghadapi Ancaman Bencana
Dandim 0809/Kediri, Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno dan peserta apel saat berfoto bersama. (kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan Apel Siaga dan Gelar Peralatan Dalam Rangka Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana Hidrometeorologi di Wilayah Kabupaten Kediri.

Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19, acara digelar di Lapangan Desa Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Sabtu (21/11/2020).

Apel tersebut dipimpin oleh Dandim 0809/Kediri Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno, S.E., M.si., (Han). Hadir pula Sekda Kabupaten Kediri Dede Sujana, S.Sos., M.Si., Plt. Kepala BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi, S.Sos., Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Kediri dr. Bambang Triono Putro, serta unsur TNI dan Polri.

Sementara peserta apel terdiri dari anggota Polri, TNI, Satpol PP, BPBD, Damkar, Dishub, Polhut, Linmas, relawan, ormas, serta pihak terkait lainnya.

Dalam amanatnya, Dandim 0809/Kediri, Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno mengatakan, di tengah iklim yang tidak menentu ini, seluruh elemen untuk saling bahu-membahu dalam proses pembangunan dan meningkatkan kemampuan dalam penanggulangan bencana.

"Kerja sama antara pemerintah dengan berbagai pihak merupakan hal yang sangat penting dalam pengurangan risiko bencana. Kita juga harus terus waspada terhadap bencana alam yang setiap tahun terjadi di wilayah Kabupaten Kediri, khususnya musibah alam hidrometeorologi, yaitu banjir, tanah longsor, dan puting beliung yang bisa menimbulkan korban jiwa dan harta masyarakat," tegas Dandim 0809/Kediri.

Apel kesiapsiagaan bencana ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup sesuai fungsi dan peran masing-masing guna menunjang tugas dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu juga untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terkait pencegahan dan penanggulangan bencana di wilayahnya.

Terakhir, Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno berharap agar masyarakat mengerti, memahami, dan berpartisipasi aktif untuk bersama-sama mengurangi risiko bencana yang akan terjadi.

"Saya berharap kepada seluruh peserta apel gelar untuk, pertama, tingkatkan selalu kewaspadaan terhadap bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu di wilayah kita, kedua, selalu siap siaga bersinergi untuk meminimalisir dampak bencana alam, ketiga, laksanakan pengecekan personel sarana dan prasarana di instansi masing-masing agar selalu siap dioperasionalkan kapan saja, dan keempat, laksanakan tugas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19," pesannya. (adv/kominfo)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...