Dinas Perikanan Serahkan Kolega di Desa Ringinrejo

Dinas Perikanan Serahkan Kolega di Desa Ringinrejo Penyerahkan bantuan Kolega (Kolam Lele Keluarga). (foto: Kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perikanan kembali menyerahkan bantuan Kolega (Kolam Lele Keluarga). Setelah sebelumnya program Kolega terlaksana di Desa Tertek, Kamis (19/11) lalu, kali ini penyerahan dilakukan di Desa Ringinrejo Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri.

Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Budijono Langgeng Saputro, S.Pt. mengatakan, program Kolega bertujuan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan. Selain itu, juga untuk mendekatkan sumber protein hewani khususnya ikan untuk keluarga stunting.

“Jadi nanti masyarakat tidak repot-repot ke pasar, tinggal panen dari rumah dimasak untuk keluarga," tutur Langgeng.

Menurut Langgeng, jumlah bantuan yang diserahkan untuk Desa Ringinrejo sebanyak 10 unit, masing-masing terdiri dari 1 kolam terpal bundar diameter 1 meter, pakan 2 sak untuk 2 siklus, 300 ekor benih untuk 1 siklus, 1 botol probiotik, dan 1 peralatan seser.

"Kita akan terus memantau jangan sampai bantuan ini selesai terus berhenti. Makanya tadi teman-teman Karang Taruna Desa Ringinrejo saya kasih contact person untuk konsultasi," ungkapnya.

Langgeng berharap karang taruna aktif dalam berbagai program, tak terkecuali Kolega ini. Para pemuda nantinya akan menjadi bapak rumah tangga. Dengan mengelola Kolega ini, juga memberi manfaat untuk keluarga, karena makan ikan itu baik untuk ibu hamil, ibu menyusui, maupun balita.

"Di tempat lain kita juga langsung ke lokus desa stunting, juga ada yang fokus ke kadernya. Demplot (demontrasi plot) ini kita gunakan untuk percontohan terlebih dahulu, mungkin tahun depan kalau bisa keluarga stunting juga dapat," jelas Langgeng.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Ringinrejo, Harianto, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan yang sudah memberikan bantuan Kolega untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bantuan ini juga bermanfaat untuk melawan Covid-19 dan stunting.

"Untuk ke depannya nanti, teman-teman dari karang taruna akan membackup biar bisa lanjut, termasuk untuk penambahan kolam," kata Harianto dengan antusias. (adv/kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO