Senin, 18 Januari 2021 15:22

Dinas Perikanan Serahkan Kolega di Desa Ringinrejo

Sabtu, 21 November 2020 20:57 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Dinas Perikanan Serahkan Kolega di Desa Ringinrejo
Penyerahkan bantuan Kolega (Kolam Lele Keluarga). (foto: Kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perikanan kembali menyerahkan bantuan Kolega (Kolam Lele Keluarga). Setelah sebelumnya program Kolega terlaksana di Desa Tertek, Kamis (19/11) lalu, kali ini penyerahan dilakukan di Desa Ringinrejo Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri.

Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Budijono Langgeng Saputro, S.Pt. mengatakan, program Kolega bertujuan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan. Selain itu, juga untuk mendekatkan sumber protein hewani khususnya ikan untuk keluarga stunting.

“Jadi nanti masyarakat tidak repot-repot ke pasar, tinggal panen dari rumah dimasak untuk keluarga," tutur Langgeng.

Menurut Langgeng, jumlah bantuan yang diserahkan untuk Desa Ringinrejo sebanyak 10 unit, masing-masing terdiri dari 1 kolam terpal bundar diameter 1 meter, pakan 2 sak untuk 2 siklus, 300 ekor benih untuk 1 siklus, 1 botol probiotik, dan 1 peralatan seser.

"Kita akan terus memantau jangan sampai bantuan ini selesai terus berhenti. Makanya tadi teman-teman Karang Taruna Desa Ringinrejo saya kasih contact person untuk konsultasi," ungkapnya.

Langgeng berharap karang taruna aktif dalam berbagai program, tak terkecuali Kolega ini. Para pemuda nantinya akan menjadi bapak rumah tangga. Dengan mengelola Kolega ini, juga memberi manfaat untuk keluarga, karena makan ikan itu baik untuk ibu hamil, ibu menyusui, maupun balita.

"Di tempat lain kita juga langsung ke lokus desa stunting, juga ada yang fokus ke kadernya. Demplot (demontrasi plot) ini kita gunakan untuk percontohan terlebih dahulu, mungkin tahun depan kalau bisa keluarga stunting juga dapat," jelas Langgeng.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Ringinrejo, Harianto, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan yang sudah memberikan bantuan Kolega untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bantuan ini juga bermanfaat untuk melawan Covid-19 dan stunting.

"Untuk ke depannya nanti, teman-teman dari karang taruna akan membackup biar bisa lanjut, termasuk untuk penambahan kolam," kata Harianto dengan antusias. (adv/kominfo)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...