485 Personel Polisi di Blitar Diturunkan untuk Amankan Pilkada 2020

485 Personel Polisi di Blitar Diturunkan untuk Amankan Pilkada 2020 Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 485 personel kepolisian bakal diterjunkan untuk mengamankan jalannya Pemilihan Bupati (Pilbup) Blitar 2020, 9 Desember mendatang. Tim pengamanan yang diterjunkan ini merupakan pasukan terbaik yang telah disiapkan jauh hari sebelum pelaksanaan pilbup.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, di wilayah hukum ada 171 desa dan 1.540 tempat pemungutan suara. Untuk pola pengamanannya di wilayah yang masuk kategori aman, akan disiagakan 2 personel polisi dan 10 personel linmas untuk 20 TPS.

Kemudian untuk wilayah yang masuk kategori rawan akan disiagakan 2 personel polisi dan 2 linmas untuk mengamankan 4 TPS. Sementara wilayah yang masuk kategori sangat rawan akan diberlakukan pola pengamanan 2 personel polisi dan 1 linmas untuk 2 TPS.

"Persiapan sudah kita laksanakan, nanti kita akan turunkan personel-personel terbaik untuk melakukan pengamanan di seluruh wilayah hukum kami," ujar Fanani, Kamis (19/11/2020).

Selain 485 personel dari dan 3.018 personel linmas, nantinya pengamanan akan di-back up oleh personel dari TNI sebanyak 300, satu peleton personel brimob, dan bantuan polres tetangga sebanyak 200 personel.

"Personel yang kita kerahkan ini juga masih akan mendapat back up dari 1 SST Brimob dan bantuan pengamanan dari jajaran dari polres tetangga yang di daerahnya tidak melaksanakan pilkada," terangnya.

Ia menggarisbawahi, daerah rawan di wilayah hukumnya bukan terkait potensi konflik. Melainkan lokasi yang cukup jauh dan akses jalan yang sulit, seperti beberapa desa di wilayah Blitar Selatan.

"Kita pahami di wilayah rawannya bukan karena potensi konflik, namun karena jauhnya jarak. Sehingga kita menganggap ini ada kerawanan utamanya saat proses surat suara sebelum maupun sesudah pencoblosan," pungkasnya. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO