Senin, 18 Januari 2021 15:02

Pandemi Covid-19, ​SD Negeri Pucang 2 Sidoarjo Terapkan Belajar Secara Daring dan PPDB Online

Minggu, 15 November 2020 14:38 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Safiudin
Pandemi Covid-19, ​SD Negeri Pucang 2 Sidoarjo Terapkan Belajar Secara Daring dan PPDB Online
SD Negeri Pucang 2 Sidoarjo. (foto: ist)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sidoarjo telah menyiapkan tatanan pendidikan yang baru, yakni dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan hal lainnya dengan sistem daring (online). Hal ini dilakukan lantaran adanya pandemi Covid-19.

Terkait instruksi itu, Yunis Rasmiyati, Kepala SDN 2 Pucang Sidoarjo mengatakan, sekolahnya juga telah menerapkan pembelajaran secara daring sejak dari mulai awal di masa pandemi Covid-19.

"Seluruh siswa wajib belajar di rumah, dan pihak sekolah tetap memberikan tugas-tugas sekolah untuk dikerjakan," ujarnya.

"Kami juga sudah memberikan edukasi kepada siswa, agar membiasakan diri hidup sehat dan selalu menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun," kata Yunis Rasmiyanti.

Demikian juga ketika PPDB yang berlangsung di tengah masa pandemi Covid-19, SDN Pucang 2 Sidoarjo juga telah mengikuti mekanisme PPDB online yang dikembangkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo.

"Di antara pendaftar di SDN Pucang 2 untuk PPDB 2020, memang tak ada peserta didik pendaftar kategori berkebutuhan khusus," tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo, Asrofi berencana akan mengumumkan kelulusan secara daring, seandainya nanti pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Diumumkan secara daring, agar anak-anak tidak berkumpul. Pengembalian rapor, buku, dan sebagainya juga menggunakan aplikasi kurir online untuk menghindari tatap muka di sekolah," ujarnya, Minggu (15/11/2020).

"Sementara untuk pembelajaran, dilihat kondisinya dahulu. Namun misalkan tidak harus tatap muka, pembelajaran bisa melalui daring. Kami akan menyiapkan video tutorial pembelajaran daring," ungkap Asrofi. (sda1/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...