Home Industri Sabut Kelapa Kediri Tembus Papua dan Sumatera

Home Industri Sabut Kelapa Kediri Tembus Papua dan Sumatera Melina Andriyani bersama ayahnya, Riyanto, saat menunjukkan kokedama hasil karyanya. foto: Muji Harjita/ bangsaonline.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Di masa pandemi ini, home industri sabut kelapa atau juga disebut kokedama, tetap bisa bertahan. Bahkan bisa menembus pasar luar Jawa, seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali, sampai .

Melina Andriyani Riyanto, anak Riyanto, pemilik home industri sabut kelapa di Dusun Rejowinangun, Desa Minggiran, Kecamatan Papar, Kabupaten menjelaskan, bahwa kokedama adalah teknik menanam dari Jepang.

Yaitu menempatkan tanaman dalam bola tanah, kemudian membungkusnya dengan moss (lumut) atau sabut kelapa, lalu mengikatnya dengan tali. Teknik menanam ini unik karena tidak menggunakan pot.

"Kami menjual hasil karya kami ini dengan harga bervariasi, dari Rp. 12.000 hingga Rp. 28.000 per kokedama," kata Melina, Sabtu (14/11).

Menurut Melina, kokedama bisa ditanami bunga anggrek, bunga antorium, atau bunga lain yang fisiknya kecil.

"Sebelum pandemi, omzet dalam satu bulan bisa mencapai Rp.10 juta, tapi di saat pandemi ini memang ada penurunan," imbuh lulusan S1 Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang tahun 2010 itu.

Masih menurut Melina, selama ini dirinya hanya melakukan penjualan kokedama melalui online, yaitu melalui marketplace Shopee.

"Mengingat di masa pandemi ini ada sedikit penurunan permintaan, maka kami juga akan menjual melalui Lazada dan Tokopedia," ujar Melina, yang juga putri pensiunan PPL itu.

Ditambahkan oleh Melina, pada prinsipnya tanaman yang cocok untuk dibuat kokedama adalah tanaman yang akarnya kecil dan tidak membutuhkan sinar matahari banyak dan biasanya ditempatkan indoor atau di dalam ruangan. (uji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO