Dukung Percepatan Swasembada Gula, Sidoarjo Siapkan Kebun Benih 25 Hektare

Dukung Percepatan Swasembada Gula, Sidoarjo Siapkan Kebun Benih 25 Hektare KUNJUNGAN: Hudiyono (kiri) menyambut pejabat Kementan di BPP Porong, Kamis (5/11). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - bakal menyiapkan lahan kebun benih datar seluas 25 hektare. Upaya ini untuk mendukung program percepatan swasembada gula konsumsi yang dicanangkan Kementerian Pertanian melalui Dirjen Perkebunan.

Direktur Perbenihan Perkebunan, Ditjenbun Saleh Mokhtar mengatakan, percepatan swasembada gula konsumsi merupakan salah satu program super prioritas Kementan.

Kebutuhan gula konsumsi 2,8 juta ton, produksi 2,18 juta ton sehingga defisit 620.000 ton. Karena itu, sampai tahun 2023 ditargetkan tambahan produksi gula 676.000 ton dengan intensifikasi kebun tebu 200.000 ha dan ekstensifikasi 50.000 ha.

“Sidoarjo diharapkan bisa mendukung program percepatan swasembada gula konsumsi. Salah satu kegiatannya adalah pembangunan kebun benih datar. Untuk program bongkar ratoon 2021 sesuai berapa nanti, bisanya di Sidoarjo ini kita siapkan benihnya saja," cetusnya usai meninjau lokasi Balai Pembenihan dan Pembibitan (BPP) Porong, Kamis (5/11).

Kata Saleh Mokhtar, untuk memastikan program berjalan sesuai yang ditergetkan, pihaknya turun untuk melihat langsung, karena waktunya sangat pendek.

“Mudah-mudahan Sidoarjo ini dari 25 hektare target ini bisa tambah dan saya tunggu satu dua hari ini tambahannya," bebernya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO