Selasa, 26 Januari 2021 18:29

Arab Saudi Sudah Izinkan Umrah

Minggu, 01 November 2020 23:19 WIB
Editor: Choirul
Arab Saudi Sudah Izinkan Umrah
Umat Muslim berdoa di sekitar Ka'bah. [Kementerian Haji dan Umrah Saudi melalui AP]

BANGSAONLINE.com - Sekitar 10.000 jemaah haji asing tiba di Arab Saudi untuk melakukan umrah setelah jeda tujuh bulan karena pandemi.

Pelaksanaan ibadah umrah menerapkan protokol kesehatan ketat. Jemaah umrah harus diisolasi selama tiga hari setelah kedatangan, sebelum melaksanakan ibadah umrah. Demikian ditegaskan Amr Al-Maddah, Wakil Menteri Haji dan Umrah.

Al-Maddah mengatakan semua jemaah di-swab test.

Saudi telah mengizinkan warga dan penduduk untuk melakukan umrah bulan lalu dengan kapasitas 30 persen, atau 6.000 jamaah sehari. Tahun lalu, negara Teluk itu menarik 19 juta jemaah Umrah.

Sebelum pandemi, lebih dari 1.300 hotel dan ratusan toko berdesakan sepanjang waktu untuk melayani para jemaah yang mengunjungi kota suci Mekah dan Madinah. Namun, sebagian besar telah kosong dalam beberapa bulan terakhir. Para jamaah tidak lagi diizinkan menyentuh Kabah.

Umrah adalah tulang punggung dari rencana untuk memperluas pariwisata di bawah dorongan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, untuk mendiversifikasi ekonomi pengekspor minyak utama dunia.

Arab Saudi berencana untuk meningkatkan pengunjung umrah menjadi 15 juta pada tahun 2020, dan menjadi 30 juta pada tahun 2030. Namun rencana terganggu oleh pandemi virus corona.

Umrah menghasilkan pendapatan 12 miliar dolar, dari penginapan, transportasi, hadiah, makanan, dan biaya jamaah, menurut data resmi.

Arab Saudi menjadi tuan rumah haji yang berkurang drastis pada akhir Juli untuk pertama kalinya dalam sejarah modern, dengan beberapa ribu jemaah haji domestik. padahal sebelumnya seperti lautan manusia, karena dijubeli 3 juta umat muslim. 

Sumber: Aljazeera
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...