Jelang Pilkada 2020, ​KPU Sumenep Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Jelang Pilkada 2020, ​KPU Sumenep Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Simulasi pemungutan dan penghitungan suara.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum () Kabupaten Sumenep menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan menerapkan protokol kesehatan di halaman GOR A. Yani Sumenep, Sabtu (31/10/2020).

Hal itu dilakukan guna mempersiapkan protokol kesehatan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), agar tidak muncul klaster pemilihan kepala daerah (pilkada).

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini dihadiri oleh Ilham Saputra, Komisioner RI. Menurutnya, pentingnya simulasi ini dalam rangka mencegah menyebarnya Covid-19 yang angkanya masih sangat tinggi. 

Dalam simulasi tersebut, juga diperagakan adegan penolakan warga untuk tidak mengunakan masker dengan alasan tidak percaya Covid-19. Namun petugas dengan memberi penjelasan soal pentingnya menggunakan masker.

“Pelaksanaan simulasi adalah upaya kami, karena proses Pilkada 2020 ini dilaksanakan di masa pandemi. Oleh karenanya, protokol Covid kita terapkan pada simulasi ini,” terangnya.

"Simulasi ini merupakan sebuah pembelajaran untuk membiasakan diri pada petugas kami nanti, agar mekanisme protokol Covid-19 itu dijalankan dengan baik," imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO