Kamis, 26 November 2020 03:12

Rehat Sehari, ​Dhito Lanjutkan Agenda Blusukan ke Pasar Sambi Kediri

Jumat, 30 Oktober 2020 17:06 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Rehat Sehari, ​Dhito Lanjutkan Agenda Blusukan ke Pasar Sambi Kediri
Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono saat blusukan di Pasar Sambi di Kecamatan Ringinrejo. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setelah libur satu hari karena memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020 yang jatuh pada Kamis (29/10/2020) kemarin, Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono, melanjutkan agenda blusukan ke Pasar Sambi di Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri. 

Selain blusukan ke Pasar Sambi, Dhito, begitu sapaan putra Menseskab, Pramono Anung itu, juga mengunjungi tempat Wisata Kali Bendo di Desa Ringinrejo, Kecamatan Ringinrejo.

Seperti biasa, Dhito bersama tim lebih suka berbincang santai bertatap muka langsung menyerap aspirasi dan keluhan para pedagang Pasar Sambi dan pengelola Wisata Kali Bendo, Desa Ringinrejo.

"Para pedagang mengeluhkan terkait penataan pengelolaan sampah, karena harus bisa dipilah antara sampah organik dan non-organik. Sedang untuk Wisata Kali Bendo hanya akses jalan yang perlu dibenahi," kata Dhito kepada wartawan, Jumat (30/10).

Di Sumber Kali Beno Desa Ringinrejo, Dhito menemui para pelaku UMKM di sekitar wisata Kali Bendo. Salah satu pelaku usaha mengeluhkan pemasaran produk dan izin usahanya.

Menanggapi keluhan itu, Dhito menyampaikan bahwa selama blusukan di beberapa desa, memang keluhannya hampir sama. Yaitu soal pemasaran produk dan perizinan UMKM. Karena itu, ia menyiapkan program bantuan izin gratis bagi 1.000 pelaku usaha yang potensial. Dhito berjanji akan membantu pelaku UMKM itu.

"Bagi warga yang memiliki usaha tapi belum punya izin, bisa menyiapkan beberapa persyaratannya, akan dibantu gratis untuk legalitasnya," ucap Dito di hadapan para pelaku usaha.

"Kalau para pelaku usaha sudah mengantongi izin usaha dan produknya potensial, akan dibangunkan sentra UMKM di Kabupaten Kediri. Kita juga akan berikan pelatihan kepada pelaku usaha dan melakukan monitoring produk yang potensial guna meningkatkan perkembangan yang lebih bagus," imbuh Dito.

Di Kali Bendo, Dhito juga membantu benih iklan lele yang langsung dimasukkan ke kolam yang berada di area Wisata Kali Bendo seluas sekitar 6 meter kali 13 meter yang dikelola karang taruna desa setempat.

Dhito menambahkan, dari seluruh desa yang memiliki destinasi wisata, hampir semuanya terkendala akses jalan masuk. Wisata yang dimiliki setiap desa sudah ada atraksinya, namun akses jalan masuk harus diprioritaskan. Kalau akses jalan sulit, dampaknya pengunjung akan malas ke lokasi wisata.

"Hal-hal seperti itu tidak bisa dimonitor hanya bekerja di dalam kantor saja, kuncinya harus sering turun ke lapangan," tegas Dhito. (uji/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...