Rabu, 02 Desember 2020 13:41

Kabupaten Blitar Masih Bertahan di Zona Oranye

Jumat, 30 Oktober 2020 14:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Kabupaten Blitar Masih Bertahan di Zona Oranye
Kuspardani, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Hingga kini Kabupaten Blitar masih bertahan di zona oranye penyebaran penularan Covid-19, dengan kasus penularan sedang. Padahal, mayoritas kabupaten/kota di Jawa Timur kini sudah masuk ke zona kuning atau jumlah penularan rendah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Kuspardani mengatakan, ada beberapa faktor utama yang membuat Kabupaten Blitar masih bertahan di zona oranye. Selain kasus positif yang terus bertambah, angka kematian juga masih tergolong tinggi.

"Kita kasusnya masih tambah terus, kematian juga tinggi. Kejadiannya kita sudah di atas 700. Ini yang menyebabkan kita masih di zona oranye," ungkap Kuspardani, Jumat (30/10/2020).

Dia mengakui, selama ini tes swab yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 juga masih kurang. Padahal tes swab secara masif, penting dilakukan untuk mencegah penyebaran semakin meluas. "Untuk tes swab kita juga masih kurang," imbuhnya.

Dengan kondisi ini, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur. Semua arahan dan petunjuk akan dilakukan di Kabupaten Blitar untuk menekan kasus.

Ia juga berharap masyarakat saling membantu dalam hal penerapan protokol kesehatan dengan ketat di segala aktivitas. "Jika semua warga patuh dan disiplin, maka perkembangan Covid-19 bisa ditekan," paparnya.

Untuk diketahui, data Pemprov Jatim hingga akhir Oktober masih ada 14 kabupaten/kota di Jatim yang berstatus zona oranye, salah satunya adalah Kabupaten Blitar. Sementara lainnya berstatus zona kuning.

Sementara data komulatif kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar hingga 30 Oktober tercatat 789 kasus. 685 dinyatakan sembuh dan 57 meninggal dunia. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...