Kamis, 26 November 2020 02:52

KH Asep Saifuddin: Pemimpin Harus Bisa Tiru Kepemimpinan Nabi Muhammad

Jumat, 30 Oktober 2020 10:45 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Rochmad Syaiful Aris
KH Asep Saifuddin: Pemimpin Harus Bisa Tiru Kepemimpinan Nabi Muhammad
Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA pendiri sekaligus pengasuh pondok pesantren Amanatul Ummah

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dalam momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim mengajak para pemimpin bangsa ini untuk meneladani kepemimpinan yang dicontohkan Rasullulah.

"Peringatan Maulid Nabi merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, pada 12 Rabiul Awal atau bulan ketiga dalam kalender Hijriyah. Rabiul Awal adalah bulan yang dimuliakan umat Islam. Nabi Muhammad SAW lahir ke dunia sebagai manusia yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran-Nya," ujar KH Asep Saifuddin yang juga pendiri, sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Internasional Amanatul Ummah di Surabaya dan Pacet Mojokerto, Jumat (30/10).

Ia menyampaikan firman Allah Swt dalam Alquran, Nabi Muhammad SAW adalah teladan dalam seluruh aspek kehidupan sehari-hari, serta dalam kepemimpinan bagi semua umatnya. Nabi Muhammad SAW merupakan sosok pemimpin yang paling berpengaruh sepanjang sejarah kehidupan umat manusia. Nabi Muhammad SAW memiliki kemampuan dan kecerdasan manajerial yang tinggi dalam mengelola, mengatur, dan sangat bijak dalam menempatkan para sahabatnya dalam berbagai posisi sesuai kemampuannya. Berkat kemampuannya itu tujuan membangun masyarakat madani yang berlandaskan nilai-nilai Ilahi pun bisa dicapai.

Kiai Asep menerangkan, dalam menjalankan kepemimpinannya, Nabi SAW selalu mengedepankan akhlak mulia. Nabi Muhammad merupakan pribadi yang menyenangkan, terbuka, mudah berkomunikasi dengan siapa pun, sopan, santun, tidak pernah mencela, tidak pernah menuntut dan menggerutu.

"Selain itu beliau tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan, dan sangat tegas dalam masalah penegakkan hukum," katanya.

Untuk itu, Kiai Asep mengingatkan kepada para stakeholder, para pemimpin dan para kepala OPD di wilayah ini, agar mau mempelajari dan menyontoh, serta meneladani kesuksesan dan keberhasilan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dalam memimpin ummat dan bangsanya.

"Nabi Muhammad SAW adalah sosok pemimpin yang mengedepankan kebersamaan serta mempunyai kekuatan akhlak yang menjadi pondasi kuat dalam kepemimpinan Nabi Muhammad SAW," ujarnya.

"Untuk itu, keikutsertaan Ikbar, Ikfina dan Gus Barra dalam Pilkada Mojokerto, sebelumnya Ikbar  sudah dibekali ilmu agama yang kuat. Dengan mempunyai kekuatan akhlak sebagai modal dan pondasi yang kuat untuk memimpin daerah ini menjadi maju, adil dan makmur. Dengan dukungan penuh seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto serta izin Allah SWT, Ikbar akan menang. Nantinya, Ikbar harus mempelajari dan mempratekkan sukesnya Nabi dalam memimpin umat dan bangsanya," jelas Kiai Asep. (ris/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...