Kamis, 25 Februari 2021 05:40

Bantu Cegah Covid-19, Tim Pengabdian Masyarakat Polije Kembangkan Inovasi Sabun dari Minyak Jelantah

Jumat, 16 Oktober 2020 15:21 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Indrawan
Bantu Cegah Covid-19, Tim Pengabdian Masyarakat Polije Kembangkan Inovasi Sabun dari Minyak Jelantah
Ilustrasi. (by freepik)

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Bantu cegah penularan Covid-19 di masyarakat, Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember (Polije) membuat inovasi berupa sabun mikrojel berbahan dasar minyak jelantah.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember, Dahlia Indah Amareta mengatakan, pembuatan sabun mikrojel merupakan upaya untuk membantu masyarakat dengan membuat sabun yang ekonomis dan memanfaatkan bahan yang sudah tidak terpakai.

"Sabun mikrojel ini terbuat dari minyak jelantah yang banyak sekali ada di rumah-rumah, karena sudah digunakan berulang kali," ujarnya saat dikonfirmasi di Kampus Polije, Jumat (16/10/2020).

Ia menilai bahwa jika minyak tersebut dibuang, dapat mencemari lingkungan. Oleh karenanya perlu dicari solusi, dan salah satunya dengan membuat sabun tersebut.

"Kita perlu sebuah inovasi, bahan bakunya sudah ada dan mudah, maka kita berikan pelatihan membuat sabun mikrojel kepada masyarakat," imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa cara membuat sabun tersebut sangat mudah, yakni dengan cara minyak tersebut ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya seperti daun sirih dan kandungan zat yang aman untuk tubuh manusia.

"Ya kita campurkan daun sirih yang memiliki kandungan antibakteri yang cukup bagus, kemudian ditambah beberapa zat yang aman dan mudah dicari," tuturnya.

Dengan ini pihaknya berharap, masyarakat khususnya yang menjadi binaan Polije di Desa Kemuning Lor Kecamatan Patrang bisa memanfaatkan ilmu ini. Ditambah lagi bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

"Ya kami ingin masyarakat bisa membuatnya lebih banyak dan digunakan, apalagi di tengah pandemi seperti ini," tutupnya. (jbr1/yud/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Rabu, 24 Februari 2021 07:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Wartawan kondang Dahlan Iskan luar biasa. Tulisanya sangat bernas. Bukan saja enak dibaca tapi juga penuh makna dan kaya warna.Baca saja tulisannya kali ini. Ia bercerita tentang listrik yang mati empat hari. Dampakn...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 20 Februari 2021 09:40 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...