Dampingi Anak Belajar pada Pandemi Covid-19, Pakailah Metode Bermain Kreatif-Inovatif

Dampingi Anak Belajar pada Pandemi Covid-19, Pakailah Metode Bermain Kreatif-Inovatif

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dr. Harianto GP, D.Th, D.Ed, Ketua STT Excelcius, menegaskan bahwa orang tua dituntut bisa menyenangkan anak agar anak tidak sampai rindu ingin bertemu gurunya dan tidak mau belajar. Ia menyarankan agar menggunakan metode belajar sambil bermain yang kreatif dan inovatif.

Menurut Harianto, membuat sesi belajar di rumah terkesan susah-susah gampang. Orang tua harus mampu meningkatkan konsentrasi anak setaraf dengan di sekolah.

"Buat ruangan khusus untuk anak belajar, siapkan peralatan seperti meja, kursi, laptop, dan buku-buku dengan baik. Buat anak-anak memanggil kamu dengan sebutan Ibu atau Bapak, ciptakan jadwal yang sama, buat bel istirahat, dan selingi dengan game seru yang masih berkaitan dengan pembelajaran," kata Harianto saat menjadi narasumber webinar bertema: "Mengatasi Kesulitan Orangtua Anak Balita di Masa Pandemi ". Ia menyampaikan materi Tips Orang Tua Menghadapi Kebosanan Anak-anak Balita Belajar Daring saat Pandemi Covid 19.

Selain Harianto, juga tampil Dr. Lies Budyana, M.Si, CBA sebagai narasumber. Dalam pemaparannya Lies lebih menekankan kesiapan mental orangtua dalam menemani anak belajar di rumah.

Webinar ini digelar sayap politik wanita Partai NasDem, Garnita Malahayati NasDem Jawa Timur. Kegiatan itu diikuti sekitar 100 wali murid dan Bunda PAUD yang diundang oleh kader-kader Garnita yang ada di Jawa Timur.

Ketua Fraksi NasDem DPRD Jawa Timur, Muzammil Syafi'i saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya. Menurut politikus yang akrab disapa Buya Muzammil itu, apa yang dilakukan Garnita dengan mengundang para pakar dan memberikan solusi dan edukasi saat pandemi adalah kegiatan luar biasa.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO