Jumat, 26 Februari 2021 02:00

PDI Perjuangan Banyuwangi Resmi Pecat Yusuf Widyatmoko

Sabtu, 10 Oktober 2020 10:51 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Teguh Prayitno
PDI Perjuangan Banyuwangi Resmi Pecat Yusuf Widyatmoko
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Dr. Hj. Untari Bisowarno M.AP, S menyerahkan surat pemecatan Yusuf Widyatmoko di Kantor DPC PDI-P Banyuwangi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) secara resmi memecat Yusuf Widyatmoko sebagai kader PDI-P Banyuwangi, karena tidak patuh terhadap aturan partai. Yusuf yang pernah menjabat sebagai Ketua DPC PDI-P Banyuwangi periode 2010-2015 dan Wakil Bupati Banyuwangi dianggap membangkang kepada partai karena dia menerima mandat dari partai lain untuk mencalonkan diri sebagai bupati pada Pilkada Kabupaten Banyuwangi 2020.

Di lain pihak, DPP PDI Perjuangan telah merekomendasikan Ipuk Fiestiandani - H Sugirah sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi dalam Pilkada yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pemecatan Yusuf Widyatmoko dari keanggotaan PDI-P tertuang dalam surat keputusan nomor 63/KPTS/DPP/X/2020 yang ditandatangani Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto Tertanggal 1 Oktober 2020, disampaikan langsung DR. Hj. Untari Bisowarno M.AP, Sekretaris DPD PDI-P Jatim di Kantor DPC PDI-P Banyuwangi.

"Memperhatikan surat DPD PDI-P Provinsi Jatim nomor sekian-sekian, terkait usulan pemecatan Yusuf Widyatmoko dan rekomendasi wakil ketua bidang kehormatan DPD PDI-P Provinsi Jatim serta keputusan rapat DPP PDI-P. Memutuskan memberikan sanksi organisasi berupa Pemecatan kepada Yusuf Widyatmoko S. Sos dari keanggotaan PDI-P," kata Untari yang disambut tepuk tangan dari anggota kader DPC PDI-P Banyuwangi di dalam video yang berdurasi 1 menit 31 detik.

Dalam Surat keputusan itu, sikap dan tindakan Yusuf Widyatmoko yang dinilai tidak mengindahkan instruksi DPP terkait rekomendasi calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi pada Pilkada Serentak 2020 dengan mencalonkan diri sebagai calon bupati dari Partai lain adalah pembangkangan terhadap ketentuan, keputusan, dan garis kebijakan partai, yang merupakan pelanggaran kode etik dan disiplin partai, dikategorikan pelanggaran berat.

"Karena sudah dipecat dari keanggotan partai, maka melarang saudara Yusuf Widyatmoko melakukan kegiatan dan menduduki jabatan apapun yang mengatasnamakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI-P Banyuwangi Made Cahyana Negara membenarkan atas pemecatan Yusuf Widyatmoko sebagai kader PDI-P.

"Sebagai Ketua DPC PDI-P Banyuwangi, kami akan melaksanakan perintah dan segera akan memberikan surat Tembus an kepada yang bersangkutan," ujar Made.

Sementara itu terkait pemecatan dirinya Yusuf menerima degan lapang dada sanksi tersebut. Menurut Yusuf walaupun dirinya disanksi, tapi hubungan batin dan doktrin Bung Karno tidak akan pernah hilang.

“Keanggotaan saya di Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan memang ditandai dengan Kartu Tanda Anggota (KTA). Namun hubungan batin saya dengan Bung Karno dan doktrin doktrin Soekarno tidaklah ditandai dengan simbul simbul,” katanya.

Ia mengatakan akan tetap mengirimkan Alfatehah pada Almarhum Bung Karno sebagaimana kebiasaan dalam kehidupan setiap hari dan sebagaimana yang diajarkan oleh para Kyai Nahdatul UlamaH (NU). Menurut Politisi kelahiran Madiun itu, dirinya belum menerima surat pemecatan dari pengurus partai dan mengetahui informasi sanksi tersebut dari media sosial.

”Setelah membaca dan memahami surat PDI Perjuangan, saya memahami dan saya menerima dengan lapang dada," jelasnya. (guh/ns)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Kamis, 25 Februari 2021 07:52 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dahlan Iskan, wartawan kondang ini memang punya wawasan luas tentang ekonomi. Maklum, ia punya background sebagai pengusaha sukses. Bahkan mantan menteri BUMN. Maka ketika menulis tentang revaluasi aset negara sangat...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 20 Februari 2021 09:40 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...