Polda Jatim Tetapkan 14 Orang Tersangka Dalam Demo Tolak UU Cipta Kerja, 620 Orang Dipulangkan

Polda Jatim Tetapkan 14 Orang Tersangka Dalam Demo Tolak UU Cipta Kerja, 620 Orang Dipulangkan Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Kabid Humas Polda Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam unjuk rasa penolakan Omnibus Law, Kamis (8/10) kemarin, polisi mengamankan sejumlah 634 orang, baik di Surabaya maupun Malang. Rinciannya, di Malang ada 129 orang dan Surabaya 505 orang.

Saat ini mereka semua telah dilakukan proses pemeriksaan dan dilakukan rapid test dan swab test karena kondisi masih pandemi Covid-19.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan, kebanyakan mereka ini hanya ikut-ikutan dan tidak mengetahui esensi apa yang menjadi tujuan aksi unjuk rasa.

Dari total 634 orang yang diamankan, 620 orang di antaranya langsung dipulangkan. Sedangkan 14 orang ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan terkait dengan Pasal 170 atau pengerusakan bersama-sama.

"Setelah kita amankan 634 orang, sebanyak 620 orang kita kembalikan atau pulangkan ke orang tua mereka. Dan 14 orang kita tetapkan sebagai tersangka, sesuai dengan Pasal 170 tentang pengerusakan secara bersama-sama," kata Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Kabid Humas Polda Jatim, Jumat (9/10/2020) petang.

Akibat aksi demo kemarin, banyak fasilitas umum (fasum) yang mengalami kerusakan, seperti pagar Gedung Negara Grahadi Surabaya roboh, mobil polisi yang dirusak, dan sejumlah fasum lainnya. 

"Saya berharap, agar orang tua bisa memberikan nasehat kepada anak mereka agar tidak ikut di dalam kegiatan yang mana mereka tidak mengetahuinya," pungkas Trunoyudo. (ana/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Gaji Nunggak 5 Bulan, Buruh Pabrik di Pasuruan Mogok Kerja':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO