Sidak Toko Buah, Dinkes Bojonegoro Temukan Apel Impor Berbakteri

Sidak Toko Buah, Dinkes Bojonegoro Temukan Apel Impor Berbakteri SIDAK: Petugas Dinkes dan Disperindag Bojonegoro melakukan sidak di beberapa toko buah. Hasilnya petugas menemukan apel impor jenis Granny Smith dan Gala Red yang masih terjual. Foto: Eky Nurhadi/BangsaOnline

BOJONEGORO (BangsaOnline) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, menemukan adanya buah apel impor jenis Granny Smith dan Gala Red yang masih terjual di sejumlah toko buah di Bojonegoro. Dinkes menemukan apel berbakteri itu saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Kamis (29/01/2015). 

Dari lima toko buah dan swalayan yang dioperasi, ditemukan adanya buah apel impor jenis Granny Smith dan Gala Red yang masih terjual. Selanjutnya, buah yang mengandung bakteri Listeria Monocytogenes itu langsung dibawa untuk diuji laboratorium.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Hernowo mengatakan, temuan buah yang mengandung bakteri berbahaya bagi kesehatan tersebut kemudian diuji laboratorium dan mengimbau kepada penjual agar disimpan.

Empat buah apel jenis Granny Smith yang ditemukan itu terjual di toko buah Mitra Buah yang ada di Jalan Kartini.

"Sedikitnya ada empat buah apel jenis itu yang ditemukan, kemudian kita bawa untuk sample," jelasnya.

Sementara di toko swalayan Giant petugas juga menemukan buah apel jenis Granny Smith. Namun, kata dia, buah apel tersebut bukan berasal dari Amerika Serikat, melainkan dari Perancis. Buah apel berwarna hijau itu kemudian langsung dibawa untuk diuji apakah mengandung bakteri yang membahayakan kesehatan.

Seperti diketahui, operasi buah impor dari Amerika Serikat itu dilakukan di toko buah yang ada di Jalan Panglima Sudirman, Jalan WR Supratman, Jalan Kartini, Pasar Buah Banjarsari, dan toko buah di Jalan Diponegoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO