Kamis, 26 November 2020 02:34

Beraksi di 5 Wilayah, Tim Swab Hunter Surabaya Tes Swab 213 Pelanggar Prokes

Minggu, 04 Oktober 2020 21:18 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Beraksi di 5 Wilayah, Tim Swab Hunter Surabaya Tes Swab 213 Pelanggar Prokes
Para pelanggar sedang antre tes swab di lokasi razia prokes.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tim Swab Hunter di masing-masing kecamatan Surabaya berhasil menjaring 213 orang pelanggar protokol kesehatan (prokes) pada Sabtu (3/10) malam. Ratusan orang yang terjaring itu pun langsung dilakukan tes swab di lima titik lokasi yang telah disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto mengatakan, operasi prokes yang dilakukan Tim Swab Hunter pada Sabtu malam itu menyasar di tempat-tempat keramaian. Seperti, kedai kafe, resto, angkringan dan beberapa lokasi yang menjadi tempat nongkrong para pemuda. Hal ini dilakukan semata-mata demi melindungi warga dan mencegah penyebaran Covid-19.

“Kali ini Tim Swab Hunter melakukan giat swab test di beberapa lokasi yang tersebar di lima wilayah Surabaya, dengan sasaran tempat-tempat keramaian. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 20.00 WIB,” kata Irvan di kantornya, Minggu (4/10).

Kepala BPB dan Linmas ini menjelaskan, dari lima wilayah itu terdiri dari Surabaya pusat, utara, selatan, timur, dan barat. Dengan rincian, di Surabaya pusat diikuti Tim Swab Hunter tiga wilayah kecamatan. Yakni, Kecamatan Tambaksari menjaring 30 pelanggar prokes, Kecamatan Genteng 10 orang, dan Kecamatan Gubeng 29 orang.

“Sementara untuk lokasi tes swab Surabaya pusat ditempatkan di Gelanggang Remaja Surabaya. Dengan total diikuti 69 orang pelanggar prokes dari tiga wilayah kecamatan,” ungkapnya.

Kemudian, di Surabaya selatan, Tim Swab Hunter menggelar operasi di lima wilayah kecamatan. Yakni, Kecamatan Sawahan menjaring 27 orang pelanggar prokes, Kecamatan Dukuh Pakis 15 orang, Kecamatan Wiyung 10 orang, Kecamatan Jambangan 16 orang dan Kecamatan Wonocolo 4 orang.

“Untuk wilayah Surabaya Selatan lokasi tes swab dipusatkan di Park and Ride Jl Mayjend Sungkono, dengan total diikuti sebanyak 72 orang,” jelas Irvan.

Sedangkan di Surabaya utara, Tim Swab Hunter menggelar operasi di tiga wilayah kecamatan dan berlangsung mobile yang dilakukan Asuhan Rembulan. Rinciannya, Kecamatan Semampir menjaring 2 orang pelanggar prokes, Kecamatan Kenjeran 10 orang, Kecamatan Pabean Cantikan 2 orang, dan Asuhan Rembulan 8 orang.

“Di wilayah Surabaya Utara lokasi tes swab kita pusatkan di Eks Kantor Kejari Jl Kasuari, dengan total diikuti 22 orang,” terangnya.

Selanjutnya di wilayah Surabaya timur, operasi pelanggar protokol kesehatan dilaksanakan Tim Swab Hunter di dua kecamatan. Yakni, Kecamatan Sukolilo menjaring 8 orang pelanggar prokes, dan Kecamatan Gunung Anyar 15 orang. “Di wilayah Surabaya timur test swab ditempatkan di Park and Ride Jl Arif Rahman Hakim, dengan total diikuti 23 orang,” papar Irvan.

Terakhir, di wilayah Surabaya barat, operasi pelanggar protokol kesehatan dilaksanakan Tim Swab Hunter di lima kecamatan. Dengan rincian, Kecamatan Tandes menjaring 6 orang pelanggar prokes, Kecamatan Benowo 8 orang, Kecamatan Pakal 7 orang, Kecamatan Asemrowo 3 orang, dan Kecamatan Lakarsantri 3 orang. Di wilayah Surabaya Barat, lokasi tes swab dipusatkan di Halaman Kantor Kecamatan Tandes, dengan total diikuti 27 orang.

“Jadi total keseluruhan sebanyak 213 orang yang terjaring operasi prokes pada Sabtu malam di lima wilayah Surabaya dan langsung mengikuti swab test,” terang Irvan.

Pria yang dinobatkan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Indonesia Inspiratif 2018 itu menambahkan, Tim Swab Hunter yang berada di tiap kecamatan akan terus masif menggelar operasi protokol kesehatan di masing-masing wilayahnya. Tujuannya tak lain, untuk melindungi warga dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Jadi, Tim Swab Hunter itu terdiri dari tiga pilar, yakni Kecamatan, Polsek, dan Koramil. Dan ini akan terus dilakukan oleh teman-teman demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Ayo kita selalu disiplin menjaga protokol kesehatan dengan biasakan yang tidak biasa," pungkasnya. (ian/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...