Bantu Pemulihan Ekonomi Akibat Covid-19, Kadin Kota Batu Launching Koperasi Mikawa

Bantu Pemulihan Ekonomi Akibat Covid-19, Kadin Kota Batu Launching Koperasi Mikawa Wawali Punjul Santoso didampingi Kadiskumdag Drs. Eko Suhartono dan Ketua Kadin Endro Wahyu melihat produk Koperasi Mikawa.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Terpuruknya perekonomian di Kota Batu akibat pandemi Covid-19, mendapat perhatian serius Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batu dengan membentuk Koperasi Mikawa yang beranggotakan sejumlah pengusaha di Kota Batu.

"Koperasi Mikawa ini didirikan atas dasar bahwa kami ingin turut membantu memulihkan perekonomian di Kota Batu. Baik itu bagi UMKM maupun produk pertanian yang saat ini terpuruk akibat pandemi Covid-19," ujar Endro Wahyu, Ketua Koperasi Mikawa yang juga Ketua Kadin Kota Batu, usai launching dan pengukuhan pengurus koperasi, Kamis (1/10).

Ia mengatakan Koperasi Mikawa sudah 3 bulan ini berjalan dan memiliki anggota 72 orang. Sedangkan jumlah produknya sebanyak 48 jenis, mulai produk UMKM maupun hasil pertanian.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu Ir. Punjul Santoso yang didapuk untuk mengukuhkan pengurus sekaligus me-launching Koperasi Mikawa mengungkapkan, bahwa Pemerintah Kota Batu sangat mengapresiasi langkah Kadin Kota Batu. Apalagi, kata dia, koperasi ini tidak bergerak di bidang simpan pinjam, melainkan di bidang perekonomian dengan menggandeng petani dan UMKM di Kota Batu.

"Ini merupakan terobosan yang luar biasa. Pemerintah Kota Batu sangat mengapresiasi terbentuknya koperasi ini. Paling tidak melalui koperasi ini, hasil pertanian yang saat ini ambruk bisa bangkit lagi dengan cara buah-buhan maupun sayuran bisa diberdayakan dengan jalan disalurkan ke hotel-hotel maupun restoran," ujar Wawali Punjul.

Pemkot Batu melalui Diskumdag, lanjut Punjul, akan membantu anggota Koperasi Mikawa untuk mengurus proses perizinan produk-produknya, termasuk akan membantu packing produk.

Punjul juga meminta agar berbagai produk milik Koperasi Mikawa bisa dipajang di gerai milik Pemkot Batu di Balai Kota Among Tani, agar dikenali tamu-tamu yang berkunjung ke Pemkot.

Diketahui saat ini di Kota Batu ada sebanyak 125 koperasi. Namun yang aktif hanya sekitar 50 hingga 60 persen. Itu pun jenis koperasi simpan pinjam. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO