Sabtu, 31 Oktober 2020 00:35

Usai Pendidikan di Jember, 8 Anggota TNI Asal Blitar Positif Covid-19

Selasa, 29 September 2020 13:31 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Akina Nur Alana
Usai Pendidikan di Jember, 8 Anggota TNI Asal Blitar Positif Covid-19
Komandan Kodim 0808 Blitar, Letkol Arh Dian Musriyanto.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Delapan warga Kabupaten Blitar yang merupakan anggota TNI terkonfirmasi positif Covid-19. Data tersebut dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Senin (28/9/2020).

Dari data yang dirilis tersebut, 8 anggota TNI ini baru saja menyelesaikan pendidikan bintara khusus (Dikbasus) atau Sekolah Calon Bintara TNI Angkatan Darat di Jember.

"Jadi kedelapan anggota TNI ini baru kembali dari Jember menyelesaikan pendidikan bintara khusus (Dikbasus) atau Sekolah Calon Bintara TNI Angkatan Darat. Mereka berasal dari Kecamatan Kanigoro, Sutojayan, Sanankulon, Bakung, Kesamben, dan Srengat," ujar juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti, Selasa (29/9/2020).

Dikonfirmasi terpisah, Komandan Kodim 0808 Blitar, Letkol Arh Dian Musriyanto membenarkan hal ini. Dia menyebut tidak hanya delapan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun dari 12 anggota TNI yang dikirim ke Jember, 10 di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19. Delapan orang merupakan warga Kabupaten Blitar, sedangkan dua lainnya ia mengaku belum mengetahui secara pasti apakah warga Blitar atau dari luar daerah.

"Jadi kita mengirimkan 12 orang. Setelah melakukan pendidikan di Jember selama 30 hari mereka kembali. Nah, sebelum kembali mereka di-rapid test semua. Hasilnya anggota saya dari 12 orang ini yang reaktif ada dua," terang Letkol Arh Dian Musriyanto. 

"Lalu mereka dijemput dan begitu sampai di Blitar saya perintahkan semua untuk isolasi. Saya tidak mau mengambil risiko. Meski yang reaktif hanya dua, semua saya perintahkan untuk tes swab. Lalu mereka melaksanakan swab di Puskesmas Sananwetan Kota Blitar. Setelah swab, hasilnya 10 positif dan langsung dijemput untuk karantina di Poltekes Kota Blitar," lanjutnya.

Karena posisi Kodim 0808 berada di wilayah Kota Blitar, maka isolasi dijadikan satu di Gedung Poltekes yang disediakan Pemkot Blitar untuk isolasi pasien terkonfirmasi positif tanpa gejala atau asimptomatik.

"Ada dua yang hasilnya negatif saya anjurkan untuk tetap isolasi mandiri. Sementara untuk yang pernah kontak erat, baik itu pendamping maupun sopir yang menjemput hari ini saya perintahkan untuk swab. Yang kontak erat hanya mereka, karena setelah kembali ke Blitar mereka tidak ketemu siapa-siapa, langsung saya perintahkan untuk isolasi," pungkasnya.

Saat ini jumlah komulatif kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar sebanyak 574 kasus. Dari jumlah tersebut, 480 dinyatakan sembuh, 44 meninggal dunia, dan sisanya ada yang dirawat di rumah sakit rujukan ada yang dikarantina serta menjalani isolasi mandiri. (ina/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...