Tuding Pendemo Dibayar, ​Acara KAMI di Surabaya Dihentikan Polisi saat Gatot Nurmantyo Pidato

Tuding Pendemo Dibayar, ​Acara KAMI di Surabaya Dihentikan Polisi saat Gatot Nurmantyo Pidato Tampak saat Jenderal (purn) TNI Gatot Nurmantyo pidato tiba-tiba seorang polisi (berbaju putih) naik ke tas panggung minta agar acara KAMI yang berlangsung di Penginapan Jabal Nur di kawasan Jambangan Surabaya dihentikan, Senin (28/9/2020). foto: WA/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Acara silaturahim Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia () Jawa Timur dihentikan polisi, Senin (28/9/2020). Bahkan acara itu distop saat Presidium Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo sedang berpidato. berpakaian putih (preman) itu langsung naik ke panggung, tempat Gatot berpidato dan minta acara itu dihentikan. Acara yang berlangsung di salah satu ruangan Penginapan Jabal Nur Jambangan Surabaya itu langsung bubar.

"Ini dari kepolisian. Kalau polisi minta dibubarkan, di sana (Gedung Juang) bubar, di sini bubar, mari kita bubar seperti apa yang beliau katakan," kata Gatot Nurmatyo yang mantan .

Acara memang memantik penolakan di Jawa Timur. Rencananya acara Silaturahim itu digelar di Gedung Juang 45 Surabaya. Acara itu bakal dihadiri Prof. Dr. Din Syamsuddin, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Prof. Dr. Rochmat Wahab, mantan Ketua Forum Rektor Indonesia.

Namun di gedung yang terletak di Jalan Mayjen Sungkono Surabaya itu telah berkumpul para pendemo untuk membubarkan acara yang mengusung tema PKI itu. Juga sempat beredar informasi bahwa acara Jatim itu akan digelar di Museum NU, milik Choirul Anam (Cak Anam), mantan Ketua Umum Partai PKNU dan PKB Jawa Timur. Meski kemudian dibantah.

(Para pendemo yang menentang dan minta acara dibubarkan di kawasan penginapan Jabal Nur Jambangan Surabaya, Senin (28/9/2020). foto: WA/ bangasonline.com)

Donny Handri Cahyono, salah seorang Komite Ekskutif Jawa Timur, mengatakan bahwa acara itu tidak dibubarkan. “Bukan dibubarkan. Saat itu Pak Gatot masih di penginapan. Mau sarapan pagi. Tapi karena (Pak Gatot) seorang tokoh, banyak yang datang silaturahim. Termasuk para kiai,” kata Donny Hadri Cahyono kepada BANGSAONLINE.com, Senin (28/9/2020).

Saat silaturahim dengan beberapa simpatisan itulah, polisi dari Polda Jawa Timur datang. “Wadir atau siapa itu, saya gak tahu. Pak Gatot itu dengan santun mau keluar, mau menemui para pendemo. Tapi mobilnya tertutup. Nanti saya kirimi videonya,” kata Donny Hadri Cahyono kepada BANGSAONLINE.COM.

Menurut Donny, aparat polisi tanya surat izin. “Saya tidak tahu surat izin apa. Kan acara itu di dalam ruangan,” katanya.

Saat polisi itu datang, Gatot Nurmantyo sedang berpidato di podium. Dalam video yang beredar, tampak polisi itu berbaju putih. Gatot lantas menghentikan sambutannya dan mengajak para peserta pertemuan untuk bubar.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO