Petik Perdana Buah Klengkeng, Gubernur Khofifah: Kualitas Premium, Berpotensi Tembus Internasional

Petik Perdana Buah Klengkeng, Gubernur Khofifah: Kualitas Premium, Berpotensi Tembus Internasional Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat petik perdana kelengkeng di Kebun Kelengkeng, milik Bunadi di Desa Wonogriyo Kecamantan Tikung Kabupaten Lumajang, Minggu (27/9). foto: ist/ bangsaonline.com

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Seusai kunjungan kerja di dengan membagikan masker, sembako, dan bantuan keuangan khusus serta Dana Desa, Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mengunjungi Kebun Kelengkeng milik Gunadi di Desa Wonogriyo, Kecamantan Tikung, Kabupaten , Minggu (27/9).

Setibanya di Desa Wonogriyo, Gubernur langsung menuju lokasi petik dan melakukan panen perdana.

Ditemui seusai melakukan petik dan panen perdana, Gubernur mengatakan bahwa ini memiliki kualitas premium: tebal dagingnya, kecil bijinya, dan segar. Kelengkeng yang dikenal dengan sebutan kateki ini berpotensi untuk dipasarkan secara internasional. Tentunya, lanjut Gubernur ,  setelah melalui tahapan yang dipersyaratkan. Misalnya terkait sertifikasi, lahan, bibit, dan produknya.

"Menurut saya ini kualitas terbaik dari yang pernah saya konsumsi, kualitas premium," kata Gubernur .

"Artinya ini kalau dibudidayakan lebih luas dengan sertifikasi dari mulai bibitnya, lahannya dan produknya,  maka kateki sangat kompetitif dan punya potensi tidak sekadar dikembangkan untuk pasar dalam negeri, tapi pengembangan untuk pasar luar negeri," imbuhnya.

Untuk mengembangkan dan memaksimalkan salah satu potensi agro , selain pisang, Gubernur meminta Bupati Thoriqul Haq bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten dan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur membantu pemilik kebun untuk melengkapi segala persyaratan yang dibutuhkan agar pada saatnya siap ekspor.

"Ini pentingnya kami hadir untuk melihat bahwa semua persyaratan yang terkait sertifikasi dari benih, produk, lahan, ini harus kita lengkapi," pintanya.

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO