Selasa, 20 Oktober 2020 22:16

Jelang HUT TNI ke-75, Pangkoarmada II Ziarah ke Makam Gus Dur

Rabu, 23 September 2020 12:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Aan Amrulloh
Jelang HUT TNI ke-75, Pangkoarmada II Ziarah ke Makam Gus Dur
Pangkoarmada II, Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto dan rombongan saat tabur bunga di makam Gus Dur. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75, Pangkoarmada II beserta rombongan berziarah ke makam mantan Presiden Ke-4 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Rabu (23/09/20).

Agenda ziarah tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan. Supaya seluruh prajurit TNI di Indonesia, bisa meneladani jasa dan perjuangan para pendahulu semasa hidup.

Rombongan tiba di ponpes Tebuireng sekitar pukul 07.30 WIB. Dipimpin langsung oleh Panglima Komandan Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, dengan disambut langsung oleh pengasuh ponpes tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin).

Dalam rombongan tersebut, turut hadir Laksda TNI Edwin, SH. M.Han (Danpus Penerbal), Kolonel Pnb M. Somin (Danlanud Muljono/Surabaya), Brigjen TNI Tjaturputra Gunadi G (Kasdiv 2 Kostrad), Brigadir Jenderal TNI (Mar) Purwadi, (Kasgartap III/Surabaya), Kolonel Inf. Muhammad Dariyanto (Komandan Korem 082/CPYJ Mojokerto).

Selain itu ada juga Letkol Inf Triyono (Dandim 0814/Jombang). Tak itu saja, hadir pula sejumlah pejabat lain seperti Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, dan Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho.

Proses ziarah dilakukan secara militer. Dalam prosesi itu, Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto melakukan peletakan karangan bunga dan dilanjutkan dengan doa bersama di depan pusara makam Gus Dur serta makam dua Pahlawan Nasional, KH. Hasyim Asy'ari dan KH. Wahid Hasyim.

Pangkoarmada II, Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto mengatakan, ziarah ke makam Gus Dur ini sebagai bentuk penghormatan kepada para mantan pimpinan tertinggi di tubuh TNI yang juga sebagai mantan Presiden RI ke-4 RI.

Selain itu juga sebagai bentuk mengenang jasa-jasa almarhum semasa hidup dan sebagai proses pembelajaran bagi TNI untuk melanjutkan perjuangan-perjuangan beliau.

“Kita melaksanakan ziarah ini agar para prajurit TNI di seluruh Indonesia bisa meneladani dan melanjutkan perjuangan Gus Dur,” ucap Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto.

Masih menurut Pangkoarmada II, tak hanya meneladani apa yang dicita-citakan dan yang sudah dirintis oleh almarhum semasa hidup, hal seperti ini juga bisa diteruskan para generasi saat ini terutama para prajurit TNI.

“Kami dari prajurit TNI yang akan memperingati hari ulang tahun yang ke-75 berharap bisa mengabdikan diri lebih baik, lebih optimal, berjuang demi bangsa yang kita cintai,” pungkasnya.

Usai lakukan ziarah, rombongan kemudian kembali ke Surabaya. Diketahui pelaksanaan upacara ziarah ini juga digelar bersamaan secara serentak dalam rangka HUT ke-75 TNI, baik di Kabupaten Jombang, Blitar, Solo, hingga Yogya. (aan/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...