Sabtu, 31 Oktober 2020 12:16

​Gubernur Khofifah Bagikan 1,3 Juta Kartu Internet Gratis untuk Pelajar SMA, SMK, dan SLB

Jumat, 18 September 2020 18:26 WIB
Editor: MMA
​Gubernur Khofifah Bagikan 1,3 Juta Kartu Internet Gratis untuk Pelajar SMA, SMK, dan SLB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat membagikan bantuan kartu perdana berisi kuota internet gratis 30 GB di SMAN 2 Mejayan Kabupaten Madiun, Jumat (18/9/2020). foto: ist/ bangsaonline.com

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali membagikan kartu perdana berisi paket kuota internet gratis bagi siswa-siswi SMA, SMK, SLB negeri dan swasta di Jatim.

Setelah sebelumnya bantuan internet gratis diberikan pada 1,3 juta siswa Jatim dengan bekerja sama dengan Telkomsel, maka hari ini Jumat (18/9/2020), bantuan serupa diberikan lagi pada 1,3 juta siswa dan 100.000 guru dan tenaga kependidikan jenjang SMA/SMK/SLB negeri dan swasta Jawa Timur dengan bekerja sama dengan XL Axiata.

Pembagian bantuan kartu perdana berisi kuota internet gratis 30 GB itu dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, bertempat di SMAN 2 Mejayan Kabupaten Madiun.

Pembagian ini diikuti oleh 24 cabang Dinas Pendidikan dan MKKS SMA/SMK/SLB negeri dan swasta dari 38 kabupaten kota se Jawa Timur melalui daring.

Gubernur Khofifah mengatakan, bantuan kerja sama dengan XL Axiata ini menjadi upaya agar para siswa Jawa Timur kian terbantu dan dimudahkan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh akibat adanya pandemi Covid-19.

"Kami sampaikan terima kasih pada XL Axiata yang telah membantu bakti sosial bersama Dindik Jatim membagikan kartu perdana berisi kuota internet gratis 30GB untuk para siswa, guru dan tenaga kependidikan Jawa Timur," kata Gubernur Khofifah.

Menurutnya pelaksanaan pembelajaran jarak jauh memang harus dilakukan selama pandemi Covid-19 masih belum berhenti. Langkah ini masih menjadi opsi terbaik guna mencegah adanya penyebaran covid-19 yang lebih luas.

Bantuan fasilitas pembelajaran dari kartu AXIS ini memiliki sejumlah keunggulan. Saat pertama aktivasi, siswa akan mendapat kuota 30 GB dengan masa aktif 60 hari untuk pembelajaran.

Selanjutnya jika nomor tersebut didaftarkan ke Dapodik, dan telah terkonfirmasi oleh Kemdikbud, maka siswa atau guru dan tendik akan mendapatkan SMS dari operator AXIS untuk mendapatkan kuota tambahan 55 GB melalui aplikasi AXISnet.

Kuota 55 GB tersebut dapat digunakan oleh para siswa, guru, dan tenaga kependidikan sampai dengan akhir Desember 2020 mendatang.

Terkait pembagiannya, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa Dindik Jatim nantinya akan memfasilitasi melalui 24 Cabang Dinas. Ia ingin agar pembagian kuota internet gratis ini diprioritaskan untuk siswa yang tidak mampu.

"Berikutnya yang juga tengah kami lakukan adalah membantu sekolah-sekolah yang belum terakses oleh internet karena wilayahnya yang ada di pelosok, kami tengah mengupayakan agar ada pemasangan BTS mini di sana yang bisa melancarkan kegiatan belajar di sekolah tersebut," kata Khofifah.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa dengan kuota internet yang memadai, para siswa yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh diharapkan untuk tidak lagi mencari internet gratis di warung-warung kopi yang tidak aman. Sebab dengan berlajar bersama di warkop apalagi berkerumun dikhawatirkan akan berpotensi terjadi penularan covid-19.

"Yang sudah dapat internet gratis maka anak-anakku jangan lagi cari wifi di warkop atau tempat lainnya yang tidak memadai untuk belajar yang aman. Jangan berkerumun, dan selalu kenakan masker," kata Khofifah. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...