Kepala BPPSDM: Lamongan Sentra Produksi Pangan Nasional

Kepala BPPSDM: Lamongan Sentra Produksi Pangan Nasional Bupati Fadeli bersama Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Holtikultura, Rujito menerima kunjungan Kepala BPPSDM, Dedi Nursyamsi di Guest House. (foto: ist).

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - BPPSDM (Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kementerian Pertanian Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja di Guest House Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jumat (18/9/2020).

Kunjungan kerja dilaksanakan dalam rangka penguatan tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) serta pemberdayaan penyuluh pertanian mendukung percepatan program pertanian.

Dalam kunjungannya, Kepala BPPSDM, Dedi Nursyamsi menyampaikan bahwa Lamongan merupakan sentra produksi pangan nasional yang telah diakui kualitasnya oleh Kementerian Pertanian.

Dedi Nursyamsi juga mengapresiasi Lamongan yang telah sukses mendongkrak hasil pertanian produktivitas padi mencapai 7,5 ton/Ha dan jagung 9,7 ton/Ha, serta sukses mentransformasikan petani tradisional yang biasanya hanya tunggal tanam jagung menjadi petani modern yang mengaplikasikan berbagai alat dan mesin pertanian.

"Peningkatan kapasitas, kemampuan, keterampilan, dan pengalaman penyuluh serta petani ini perlu diperkuat dan dilanjutkan. Lamongan harus tetap menjadi andalan dalam produktivitasnya juga, karena kalau produktivitas Lamongan berkurang, Jatim dan nasional bisa goyah," ungkap Dedi Nursyamsi.

Sebagai bentuk tindak lanjut dari Kementan RI, Dedi menyebutkan bahwa akan dilakukan peningkatan kapasitas, kemampuan, keterampilan, pengalaman, serta masalah kepegawaian. Sebanyak 99 penyuluh yang belum tersejahterakan karena kendala tertentu akan diupayakan agar dapat menerima SK pengangkatan sebagai ASN PPPK.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO