Rabu, 28 Oktober 2020 09:24

Mengaku ​di-PHK Sepihak, Karyawan PT AFU Wadul Dewan

Kamis, 17 September 2020 16:18 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Sugianto
Mengaku ​di-PHK Sepihak, Karyawan PT AFU Wadul Dewan
Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPRD Kota Probolinggo, Kamis (17/9/2020). (foto: ist).

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Salah seorang karyawan PT Amak Firdaus Utomo (AFU) Kota Probolinggo, Untung Slamet wadul ke DPRD setempat. Dia mengaku diberhentikan secara sepihak oleh perusahaannya. Hal itu terungkap saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPRD Kota Probolinggo, Kamis (17/9/2020).

"Saya bekerja di PT AFU sudah 3,7 tahun sebagai driver loader," kata Untung Slamet saat mengikuti gelar RDP.

Selama menjadi driver loader, Untung Slamet menceritakan tidak ada persoalan di tempat kerjanya. Namun pada bulan Maret 2020 kemarin, tiba-tiba dirinya dimasukkan ke PT Gentong Mas Mulia (GEM), salah satu vendor yang bekerja sama dengan PT AFU.

"Selang beberapa bulan, saya kemudian tiba-tiba di-PHK oleh PT GEM. Alasannya, karena PT GEM diputus oleh PT AFU," katanya.

Merasa dirinya diberhentikan sepihak, pria asal Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo itu lantas mencari “keadilan” dengan wadul ke dewan.

Mendengar penjelasan Untung Slamet, Ketua Komisi III, Agus Riyanto meminta kepada pihak perusahaan agar segera menyelesaikan masalah itu secara bipartit.

Saat gelar RDP tersebut, pihak PT AFU berjanji akan menyelesaikan masalah itu sepekan kemudian. "Kita tidak bisa menentukan berapa besarnya pesangon yang akan diberikan kepada Pak Untung Slamet karena harus membicarakannya dengan sebagian pimpinan perusahaan," ujar salah seorang perwakilan pihak PT AFU.

Alasan pemberhentian terhadap Untung Slamet itu, karena memang kondisi manajemen perusahaan tidak stabil akibat dampak pandemi Covid-19.

"Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, asalkan mau dimusyawarahkan," tandas Ketua Komisi III, Agus Riyanto kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, dari hasil RDP yang digelar itu, PT AFU akan menyelesaikan masalah itu minggu depan. "Kita tunggu saja, karena memang janjinya pihak perusahaan seperti itu," pungkasnya. (prb1/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...