Sabtu, 23 Januari 2021 11:09

Mengaku ​di-PHK Sepihak, Karyawan PT AFU Wadul Dewan

Kamis, 17 September 2020 16:18 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Sugianto
Mengaku ​di-PHK Sepihak, Karyawan PT AFU Wadul Dewan
Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPRD Kota Probolinggo, Kamis (17/9/2020). (foto: ist).

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Salah seorang karyawan PT Amak Firdaus Utomo (AFU) Kota Probolinggo, Untung Slamet wadul ke DPRD setempat. Dia mengaku diberhentikan secara sepihak oleh perusahaannya. Hal itu terungkap saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPRD Kota Probolinggo, Kamis (17/9/2020).

"Saya bekerja di PT AFU sudah 3,7 tahun sebagai driver loader," kata Untung Slamet saat mengikuti gelar RDP.

Selama menjadi driver loader, Untung Slamet menceritakan tidak ada persoalan di tempat kerjanya. Namun pada bulan Maret 2020 kemarin, tiba-tiba dirinya dimasukkan ke PT Gentong Mas Mulia (GEM), salah satu vendor yang bekerja sama dengan PT AFU.

"Selang beberapa bulan, saya kemudian tiba-tiba di-PHK oleh PT GEM. Alasannya, karena PT GEM diputus oleh PT AFU," katanya.

Merasa dirinya diberhentikan sepihak, pria asal Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo itu lantas mencari “keadilan” dengan wadul ke dewan.

Mendengar penjelasan Untung Slamet, Ketua Komisi III, Agus Riyanto meminta kepada pihak perusahaan agar segera menyelesaikan masalah itu secara bipartit.

Saat gelar RDP tersebut, pihak PT AFU berjanji akan menyelesaikan masalah itu sepekan kemudian. "Kita tidak bisa menentukan berapa besarnya pesangon yang akan diberikan kepada Pak Untung Slamet karena harus membicarakannya dengan sebagian pimpinan perusahaan," ujar salah seorang perwakilan pihak PT AFU.

Alasan pemberhentian terhadap Untung Slamet itu, karena memang kondisi manajemen perusahaan tidak stabil akibat dampak pandemi Covid-19.

"Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, asalkan mau dimusyawarahkan," tandas Ketua Komisi III, Agus Riyanto kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, dari hasil RDP yang digelar itu, PT AFU akan menyelesaikan masalah itu minggu depan. "Kita tunggu saja, karena memang janjinya pihak perusahaan seperti itu," pungkasnya. (prb1/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...