Sabtu, 31 Oktober 2020 20:28

BHS-Taufiq Siapkan Program Kembangkan UMKM Sepatu-Sandal Kemasan Krian

Senin, 14 September 2020 20:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
BHS-Taufiq Siapkan Program Kembangkan UMKM Sepatu-Sandal Kemasan Krian
PROSPEKTIF: Cabup Bambang Haryo Soekartono (BHS) mengunjungi UMKM Sepatu-Sandal di Kelurahan Kemasan Krian, Senin (14/9). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Paslon Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo 2020, Bambang Haryo Soekartono (BHS)-M Taufiqulbar siap mengembangkan sejumlah potensi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sidoarjo. Salah satunya UMKM Sepatu-Sandal di Dusun Mojosantren Kelurahan Kemasan Kecamatan Krian.

BHS mengatakan, usaha pembuatan sandal dan sepatu di kampung tersebut sangat potensial. "Produk-produknya sudah tidak hanya dipakai warga Sidoarjo dan Jatim, namun sudah merambah hingga Kalimantan, Lombok dan Bali," cetusnya saat mengunjungi salah satu perajin Sepatu-Sandal di Dusun Mojosantren Kelurahan Kemasan Krian, Abdul Ghofur, Senin (14/9).

Meski demikian, BHS menyayangkan produk dari kampung Kemasan tersebut ternyata belum punya sebuah merek. "Yang seharusnya harus difasilitasi oleh pemerintah daerah karena produknya sudah diakui oleh seluruh Indonesia. Maka harusnya diberi merek Sidoarjo Jatim apa Sidoarjo Indonesia," ungkap mantan anggota DPR RI 2014-2019 ini.

Melihat potensi UMKM sepatu-sandal Kemasan Krian ini, BHS menyatakan dirinya bakal memfasilitasi pemberian merek pasa produk sepatu-sandal asal Kemasan itu. "Kalau saya diamanahi sebagai Bupati Sidoarjo, nomer satu yang akan kami berikan yakni fasilitasi merek," tanda Cabup yang berpasangan dengan Cawabup M Taufiqulbar ini.

(POLLING PILKADA SIDOARJO: Ayo Vote Cabup-Cawabup Pilihanmu)

Kata BHS, tidak masalah jika ada sebagian produk sepatu-sandal yang tidak pakai merek. Namun dia menegaskan, akan mengawal produk yang sudah diberi merek sehingga bisa mendorong pemasarannya lebih cepat. "Saya juga akan siapkan upaya pemasarannya," tandas alumnus ITS Surabaya ini.

Upaya pemasaran itu misalnya dengan mewajibkan rest area jalan tol untuk menjual produk-produk UMKM Sidoarjo. Sebab, kata BHS, rest area jalan Tol Surabaya-Sidoarjo itu berada di wilayah Sidoarjo. "Saya akan mendorong hal tersebut," urai cabup yang diusung oleh koalisi lima parpol itu.

BHS juga berancang-ancang agar produk UMKM Sidoarjo bisa dijual dan dipasarkan di Terminal Bungurasih. Sebab terminal tersebut juga berada di wilayah Sidoarjo, yakni di Desa Bungurasih Kecamatan Waru.

"Terminal Bungurasih karena milik Sidoarjo, nanti kita minta 70-80 persen menjual produk-produk Sidoarjo. Tidak hanya menjual makanan, tapi produk-produk lainnya asal Sidoarjo," tandasnya.

Selain itu, BHS menyatakan bakal mendesak PT Angkasa Pura I yang mengelola Bandara Juanda, untuk menyediakan gerai khusus bagi produk UMKM Sidoarjo.

Dia juga akan mendorong ASN Sidoarjo yang jumlahnya 14 ribu, bisa menggunakan produk Sidoarjo, di antaranya batik, sepatu, sandal dan lainnya. "Kita beri contoh dulu melalui ASN, baru masyarakat Sidoarjo. Karena produk ini malah belum dimanfaatkan oleh orang Sidoarjo," jlentrehnya.

BHS juga menegaskan bakal mendampingi UMKM dari sisi permodalan, sertifikasi, manajemen dan pemasaran. Dia menambahkan, untuk memfasilitasi pemasaran produk UMKM Sidoarjo, bakal membangun gedung gerai UMKM di kampung seni Perum Pondok Mutiara, yang difasilitasi videotron menghadap ke jalan tol. "Gedung UMKM ini juga dilengkapi sarana untuk pertunjukan seni," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM sepatu-sandal Kemasan Krian, Abdul Ghofur mengatakan, telah merintis usahanya sejak tahun 1979 silam. Dia mengaku usahanya tergolong menurun jika dibandingkan beberapa tahun lalu.

"Sekarang karyawan tinggal 60 orang. Kalau dulu, ya ratusan," cetus Ghofur saat dikunjungi BHS. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 31 Oktober 2020 19:03 WIB
BATU, BANGSAONLINE.com - Libur cuti bersama menyambung akhir pekan (Long Weekend) Oktober 2020 ini dimanfaatkan masyarakat mengunjungi beberapa tempat wisata. Salah satunya di Kota Wisata Batu.Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun memantau la...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...