KPU Bersama Forkopimda Ngawi Siap Gelar Pilkada dengan Patuhi Prokes Covid-19

KPU Bersama Forkopimda Ngawi Siap Gelar Pilkada dengan Patuhi Prokes Covid-19 KPU bersama Forkopimda Ngawi saat deklarasi.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Ngawi di tengah masa pandemi Covid-19 memang sangat riskan munculnya klaster baru. Menyikapi kondisi tersebut, KPU bersama Polres Ngawi melakukan Deklarasi Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan, di halaman kantor KPU setempat, Kamis (10/09). 

Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto yang menginisiasi agenda deklarasi tentang pelaksanaan pilkada di Ngawi dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Agenda deklarasi sebagai bentuk wujud dari kesepakatan bersama elemen masyarakat dan bakal pasangan calon yang akan maju dalam pilkada mendatang.

Dalam sambutannya, AKBP Dicky mengajak seluruh parpol yang ada, unsur masyarakat, dan perwakilan mahasiswa untuk mematuhi protokol kesehatan dalam mengikuti semua kegiatan yang berkaitan dengan pilkada mendatang.

"Kita siapkan pengamanan dalam pilkada dengan maksimal. Dan salah satu keberhasilan pelaksanaan pilkada tidak ada klaster baru dalam maupun usai pelaksanaannya," jelasnya kepada awak media.

Selain menggelar deklarasi bersama, Polres Ngawi juga menyosialisasikan pentingnya melindungi diri dengan selalu mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas di luar rumah. Dalam sosialisasinya, orang nomor satu di Polres Ngawi ini juga membagikan masker secara gratis pada undangan yang hadir.

"Selain deklarasi kesepakatan bersama kita juga menyosialisasikan protokol kesehatan dengan membagikan 100 lebih masker pada masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Aman Ridlo Hidayat, salah satu Komisioner KPU Ngawi Divisi Teknis juga menjelaskan bahwa dari pihak KPU sebagai salah satu penyelenggara pemilu telah siap melaksanakan pilkada mendatang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap tahapan.

"Tujuan acara ini agar semua pihak memperhatikan bahwa pelaksanaan pilbup di Ngawi benar-benar bukan sekadar formalitas untuk menerapkan protokol kesehatan," terangnya di depan awak media.

Dengan menggelar deklarasi bersama ini, pihak KPU Ngawi menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan Pilkada 2020 akan tetap menggelar pemilihan bupati dan wakil bupati tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan aturan dari gugus tugas yang ada. Sedangkan dari peraturan PKPU sendiri juga telah mengatur tentang pelaksanaan pemilihan di waktu masa pandemi Covid-19.

"Keseriusan ini sudah dituangkan dalam aturan PKPU bahwa pelaksanaan ini selain dengan regulasi kepemiluan dalam setiap tahapan ada standar penerapan protokol kesehatan," pungkasnya. (nal/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO