Selasa, 20 Oktober 2020 18:37

Paripurna DPRD, Plt. Wali Kota Pasuruan Sampaikan Nota Keuangan Raperda P-APBD TA 2020

Rabu, 09 September 2020 22:02 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Paripurna DPRD, Plt. Wali Kota Pasuruan Sampaikan Nota Keuangan Raperda P-APBD TA 2020
Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T. saat menyerahkan nota keuangan P-APBD 2020.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - DPRD Kota Pasuruan menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020, Rabu (09/09). Rapat Paripurna diselenggarakan tetap dengan memerhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk menanggulangi penyebaran virus corona.

Kegiatan ini menjadi agenda rutin yang wajib dilaksanakan oleh Kepala Daerah kepada DPRD dalam rangka akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang diatur oleh Undang-Undang.

Rapat Paripurna dihadiri oleh berbagai unsur pemangku kepentingan. Di antaranya, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Pasuruan, Kapolres, Dandim 0819, Kepala Pengadilan Negeri, Kajari, Komandan Yon Zipur 10 Kostrad, Sekda, dan Perwakilan Kepala OPD. 

Dalam paparannya, Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T. mengatakan bahwa pembahasan Raperda Perubahan APBD tahun Anggaran 2020 merupakan wujud nyata komitmen bersama untuk selalu meningkatkan kinerja pemerintahan dan kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020.

"Kita ketahui bersama kondisi ekonomi global dan nasional tahun ini diperkirakan akan menghadapi hambatan, sehingga akan mengganggu pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia telah mengalami pelambatan dikarenakan beberapa faktor," paparnya.

"Salah satunya faktor yang mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia hingga pertengahan tahun ini adalah adanya pandemi Corona atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 yang juga turut menyebabkan ketidakpastian ekonomi global," terang Teno.

Lebih lanjut dikatakan, kondisi pandemik Covid-19 memukul sektor perekonomian rakyat. Antara lain jasa sektor perhotelan, restoran, rumah makan, katering, hiburan, angkutan, dan usaha-usaha yang lainnya mengalami penurunan okupansi dan omzet, bahkan ada yang mengalami kebangkrutan.

"Berdasarkan kondisi tersebut, maka Pemerintah Kota Pasuruan bersama dengan DPRD Kota Pasuruan telah membuat nota kesepakatan sebagai dasar penyusunan perubahan APBD Kota Pasuruan Tahun Anggaran 2020 sebagaimana tertuang dalam Kebijakan umum Perubahan APBD Kota Pasuruan Tahun Anggaran 2020 dengan Plafon Anggaran Sementara Perubahan APBD Kota Pasuruan Tahun Anggaran 2020," paparnya.

"Melihat kondisi ekonomi daerah dan nasional serta memperhatikan realisasi APBD Kota Pasuruan Tahun Anggaran 2020, serta mempertimbangkan kondisi masyarakat masih dalam masa pandemik Covid-19," pungkasnya. (ard)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...