Jumat, 23 Oktober 2020 08:52

DPUTR Gresik Adakan Pembekalan Sertifikasi Tenaga Konstruksi Via Daring

Selasa, 08 September 2020 14:49 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
DPUTR Gresik Adakan Pembekalan Sertifikasi Tenaga Konstruksi Via Daring
Para pemateri dari DPUTR Gresik saat pembekalan dan sertifikasi tenaga konstruksi via daring. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik bekerja sama dengan Asosiasi Jasa Konstruksi (AJK) di Kabupaten Gresik mengadakan pembekalan dan uji kompetensi tenaga jasa konstruksi via daring selama 2 hari, Selasa-Rabu (8-9/9), di aula Dinas PUTR Gresik.

Pembekalan diadakan Bidang Bina Jasa Konstruksi Dinas PUTR untuk menjawab tantangan kebutuhan di masyarakat dengan menyiapkan tenaga terampil konstruksi yang mumpuni dan bersertifikasi. Terlebih, kebutuhan permintaan tenaga bidang jasa konstruksi di Gresik setiap tahun semakin meningkat.

Kabid Bina Jasa Konstruksi DPUTR Gresik, Imam Basuki mengungkapkan, kegiatan ini dilatarbelakangi atas jumlah permintaan tenaga konstruksi di Gresik yang tinggi.

Saat ini, menurut Imam Basuki, jumlah tenaga konstruksi di Gresik sekitar 10 ribu orang. Sedangkan tenaga konstruksi yang bersertifikat hanya sekitar 2.500 orang.

Di sisi lain, pihak DPUTR Gresik hanya mampu melaksanakan pembekalan dan sertifikasi tenaga konstruksi sekitar 300 sampai 400 orang per tahun.

"Kondisi inilah yang membuat kami selalu merasa perlu untuk terus menerus melakukan pembekalan dan sertifikasi kepada para tenaga konstruksi di Gresik," katanya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (8/9).

"Apa yang kami lakukan ini sesuai peraturan pemerintah (PP) No. 22 tahun 2020 yang menyebutkan kewenangan pemkab menyelenggarakan tenaga terampil," sambungnya.

Dia berharap, dengan semua tenaga konstruksi di Gresik tersertifikasi, akan meningkatkan penggunaan tenaga kerja konstruksi lokal untuk melaksanakan pekerjaan konstruksi di wilayah Kabupaten Gresik. "Sehingga, akan berdampak terhadap peningkatkan kualitas pekerjaan konstruksi di Gresik," katanya.

Pada pembekalan dan uji kompetensi via daring kali ini, pihak DPUTR Gresik hanya mampu mengikutkan 60 orang peserta. Mereka terdiri dari pengguna jasa konstruksi dari unsur pemerintah maupun dari pelaku jasa konstruksi. Peserta mengikuti pembekalan ini melalui daring di tempatnya masing-masing.

Amin Zainullah, selaku narasumber dari Persatuan Insinyur Profesional Indonesia (PIPI) yang ikut memberikan pembekalan kepada peserta menjelaskan banyak hal tentang bagaimana menjadi seorang tenaga konstruksi.

Hal yang paling penting dan dituntut dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi adalah keselamatan kerja. Menurut dia, pekerja harus melengkapi alat pelindung keselamatan kerja yang sesuai kebutuhan. Mulai dari alat pelindung kepala (helm), pelindung mata dan telinga, masker, sarung tangan, dan sepatu safety yang sesuai.

"Contohnya pemakaian alat pelindung berupa sarung tangan. Kapan kita menggunakan sarung tangan dari plastik, kapan kita menggunakan sarung tangan dari kain yang berlubang, kapan kita menggunakan sarung tangan dari kulit keras. Hal ini harus disesuaikan dengan pekerjaan yang kita tangani," beber Amin Zainullah melalui daring google meet. (hud/rev)   

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...