Waspadai Bahaya Angin Kencang, BPBD Kota Batu Mulai Inventarisasi Pohon Rawan Tumbang

Waspadai Bahaya Angin Kencang, BPBD Kota Batu Mulai Inventarisasi Pohon Rawan Tumbang Petugas BPBD Kota Batu saat mendata pohon rawan tumbang. (foto: ist).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tak ingin mengambil risiko terkait dampak angin kencang yang kerap melanda wilayah . Itu sebabnya, sejak empat hari lalu BPBD sudah melakukan inventarisasi pohon yang rawan tumbang.

"Kami terus melakukan inventaris pohon yang rawan tumbang di wilayah . Kebetulan hari ini sudah memasuki hari keempat," ujar Agung Sedayu, Plt. Kepala Pelaksana BPBD , Senin (7/9/2020).

Sekadar diketahui, wilayah kerap dilanda angin kencang. Bahkan, tahun kemarin sempat memorak-porandakan sejumlah desa di Kecamatan Bumiaji. Satu di antaranya yang paling parah melanda Desa Sumberbrantas.

Agung mengungkapkan beberapa lokasi yang sudah didata, antara lain di wilayah Desa Mojorejo di sepanjang Jalan Raya Ir. Soekarno, Jalan Raya Diponegoro Junrejo, Desa Pesanggrahan, Kelurahan Ngaglik, dan wilayah Songgokerto.

Jenis pohon yang sudah didata tersebut kebanyakan jenis Sonokembang dan Trembesi. Untuk pohon Trembesi sendiri usianya sudah ada yang puluhan tahun. Pohon ini tersebar di sepanjang Jalan Raya Ir. Soekarno, Jalan Diponegoro, dan Jalan Raya Tlekung-Oro-Oro Ombo.

Menanggapi hal ini, H. Sudiono, Anggota Komisi C DPRD mengapresiasi langkah dari BPBD. Ia mengatakan, sebagai kota wisata yang banyak dikunjungi wisatawan memang harus bebas dari berbagai hal yang bisa membahayakan para wisatawan. Salah satunya memotong pohon yang sudah rapuh.

"Apalagi di juga sering dilanda angin kencang dan berakibat tumbangnya pohon yang membahayakan masyarakat maupun para pelancong. Beberapa lokasi pohon yang perlu mendapat perhatian itu yakni di Jalan Ir. Soekarno, tepatnya di depan Bengkel Slamet Hidayah itu ada pohon besar dan tua juga perlu dipangkas," tuturnya. (asa/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO