Selasa, 20 Oktober 2020 21:31

​Pemkot Kediri Siapkan Sanksi Bagi Warga yang Abaikan Protokol Kesehatan

Jumat, 04 September 2020 16:30 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
​Pemkot Kediri Siapkan Sanksi Bagi Warga yang Abaikan Protokol Kesehatan
Masker raksasa dan penandatanganan komitmen bersama oleh Pemkot Kediri beserta forkopimda pada masker berukuran raksasa. (foto: MUJI H/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat ini tengah gencar dilakukan oleh pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, termasuk Pemkot Kediri.

Sesuai Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perwali No. 32 Tahun 2020, TNI, Polri, dan Kejaksaan Negeri Kota Kediri telah berkomitmen bersama untuk mencegah dan meminimalisir persebaran Covid-19 di Kota Kediri. Salah satunya dengan akan adanya sanksi-sanksi untuk masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, yakni menggunakan masker.

Ada 3 sanksi yang akan diberlakukan, yakni sanksi moral, pidana, dan denda hingga Rp 500.000.

Sebelum diterapkannya sanksi-sanksi ini, pemkot beserta Polri, TNI, dan kejaksaan melakukan sosialisasi kepada masyarakat selama satu bulan penuh, dari tanggal 28 Agustus-28 September 2020 nanti.

Sebagai langkah awal dilakukan sosialisasi, Pemkot Kediri menggelar Apel Sosialisasi Inpres No. 6 dan Perwali No. 32 Tahun 2020 di Halaman Balai Kota Kediri, Senin (31/8/2020) lalu. Apel yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Kediri, Budwi Sunu ini diikuti oleh 150 personel yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Satpol PP, dan DLHKP.

Budwi Sunu mengungkapkan dalam sambutannya bahwa sosialisasi ini merupakan tindak lanjut penerapan Inpres No. 6 dan Perwali No. 32 Tahun 2020. "Sosialisasi ini merupakan wujud kebersamaan antara pemkot, TNI, dan Polri dalam penanganan Covid-19. Karena Covid-19 ini adalah pandemi yang tidak bisa ditangani sendiri-sendiri," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana BPBD Kota Kediri, Syamsul Bahri menjelaskan bahwa sosialisasi ini juga memiliki tujuan agar masyarakat tahu bahwa ada perwali dan inpres yang memang memberi sanksi bagi masyarakat yang tidak patuh pada protokol kesehatan.

"Kalau sudah diberikan sosialisasi selama 1 bulan masih ada masyarakat yang bandel, maka sanksi-sanksi ini akan ditegakkan sesuai Perwali No. 32," imbuhnya.

Syamsul juga menambahkan bahwa sosialisasi ini akan dilakukan di tempat-tempat publik seperti pasar tradisional, mal, kafe, dan jalan yang banyak dilalui masyarakat.

Dalam apel ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama oleh Pemkot Kediri beserta forkopimda pada masker berukuran raksasa yang dibuat sebagai simbol penerapan protokol kesehatan sesuai Inpres No. 6 dan Perwali No. 32 Tahun 2020. Setelah itu, apel ditutup dengan penyemprotan skala besar pada jalan-jalan protokol di Kota Kediri. (uji/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...