Jumat, 18 September 2020 21:02

Gelar ​Upacara Adat Siraman, Sedudo Masih Eksis dan Siap Terima Wisatawan

Kamis, 03 September 2020 19:09 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Gelar ​Upacara Adat Siraman, Sedudo Masih Eksis dan Siap Terima Wisatawan
Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat bersama wakil bupati dan seluruh pimpinan forpimda saat tabur bunga larung sesaji. (foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE).

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Upacara Adat Siraman Sedudo merupakan tradisi yang menjadi agenda tahunan. Namun, tahun ini tradisi itu dilaksanakan secara sederhana di masa New Normal dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan siraman tersebut merupakan adat atau tradisi masyarakat setempat. Masyarakat percaya, jika mandi di Air Terjun Sedudo, wajah akan tetap terlihat awet muda.

Upacara Adat Siraman Sedudo itu dihadiri oleh Bupati Novi Rahman Hidayat, Wakil Bupati Marhen Jumadi, Ketua DPRD Tatit Heru Tjahyono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Fajar Judianto, dan Muspika.

Bupati Nganjuk berterima kasih atas digelarnya kegiatan siraman tersebut. Ia mengatakan Upacara Adat Siraman Sedudo bisa berjalan baik meski dengan tetap patuh pada protokol kesehatan, dan tanpa kehadiran pengunjung.

"Rangkaian acara mulai dari tarian 7 gadis hingga pengambilan air, dilanjutkan larung sesaji, semua berjalan lancar. Selain itu, saya persilakan wisatawan datang. Sedudo sudah siap menerima tapi tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar Novi Rahman Hidayat kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (3/9/2020).

"Memang saya meminta tetap dibatasi bagi pengunjung, tapi Sedudo sudah kita buka kembali untuk umum," sambungnya.

Ia menjelaskan, strategi yang dilakukan pihaknya dalam membangkitkan geliat pariwisata di Kabupaten Nganjuk, yakni dengan memperbanyak obyeknya.

"Hal itu dilakukan agar wisata Air Terjun Sedudo tetap sebagai obyek utama, kemudian ditambah obyek wisata di sekitarnya," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nganjuk, Fajar Judianto berterima kasih banyak atas dukungan masyarakat Desa Ngaliman yang siap membantu berjalannya proses siraman.

"Memang saat acara siraman kali ini tertutup untuk umum, termasuk mempersingkat susunan kegiatan," kata Fajar.

"Saya sampaikan Sedudo masih eksis dan keindahan tetap terjaga, silakan masyarakat jika ingin mandi Air Terjun Sedudo," tukasnya. (bam)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 10 September 2020 10:51 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Detik-detik dua orang wisatawan sebelum tergulung ombak di Pantai Serang Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar tertangkap kamera. Peristiwa ini menimpa Yoga (21) dan Hendri Wisnu Pratama (18). Dua oran...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...