Sensus Penduduk 2020 Dimulai Hari Ini, 1 September 2020

Sensus Penduduk 2020 Dimulai Hari Ini, 1 September 2020 Kepala BPS Kabupaten Kediri Lilik Wibawati saat menyematkan PIN kepada salah satu petugas sensus yang akan bertugas. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kediri mengumumkan bahwa Sensus Penduduk dimulai hari ini, Selasa (1/9). Informasi tersebut disampaikan saat mengikuti dan menyaksikan launching Kick Off Sensus Penduduk secara virtual yang dilaksanakan oleh BPS RI dan Provinsi, Senin (31/08/20), kemarin.

Kepala BPS Kabupaten Kediri Lilik Wibawati, menjelaskan bahwa kick off ini merupakan tanda akan dimulainya , tepatnya pada hari ini Selasa tanggal 1 September 2020. Dalam kegiatan ini, BPS mengundang lintas sektor, yaitu Dinas Kominfo, Bappeda, Dispendukcapil yang merupakan mitra kerja BPS di lapangan.

"Di Kabupaten Kediri terdapat 1.312 petugas sensus, sedangkan koordinator sensus yang berada di tingkat kecamatan berjumlah 93. Nantinya para petugas ini akan menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Kediri mulai tanggal 1-15 September 2020. Saya berharap seluruh masyarakat bisa menerima kedatangan petugas yang melakukan sensus secara door to door," jelas Lilik.

Sementara itu, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengimbau masyarakat Kabupaten Kediri untuk menerima petugas sensus dengan baik. Masyarakat dapat memberikan jawaban dengan benar dan jujur karena kerahasiaan informasi tersebut dijamin dengan Undang-Undang.

"Data yang diberikan ini akan bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kediri," ujar bupati perempuan pertama di Kabupaten Kediri itu.

Sebagai informasi, berarti perhitungan jumlah penduduk secara periodik. Data yang dicapai biasanya tidak hanya meliputi jumlah orang, tetapi juga fakta mengenai misalnya jenis kelamin, usia, bahasa, dan hal-hal lain yang dianggap perlu.

Hasil sensus ini diharapkan bisa dijadikan dasar dalam mengambil berbagai kebijakan bagi pemerintah dan stakeholder, khususnya di wilayah Kabupaten Kediri. (adv/kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO