Imbas Ledakan Kasus Positif Covid-19, ​Ponpes Darussalam Blokagung Ditutup Total

Imbas Ledakan Kasus Positif Covid-19, ​Ponpes Darussalam Blokagung Ditutup Total Petugas menutup akses jalan menuju ponpes. (foto: ist).

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Seluruh aktivitas Ponpes Darussalam Blokagung, dihentikan dan dilakukan karantina massal menyusul adanya ledakan kasus positif Covid-19 yang menimpa ratusan santrinya.

Akses jalan menuju ponpes itu pun ditutup dan dijaga ketat oleh 1 SSK tim gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP Pemkab , Minggu (30/8/2020).

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di klaster ponpes tersebut.

"Selama karantina di lingkungan pondok, tidak boleh ada yang keluar masuk kecuali petugas kesehatan dan logistik," kata Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0825 , Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto saat meninjau pelaksanaan dapur umum bersama Bupati , Abdullah Azwar Anas, Minggu (30/8/2020).

Dandim mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi santri di ponpes, disediakan dapur umum yang didirikan oleh BPBD , sedangkan bahan makanannya dari Pemkab dan dimasak oleh petugas dari Tagana, serta BPBD . Selain itu, warga setempat juga dilibatkan untuk membantu menyiapkan makanan.

"Setiap harinya, dapur umum ini memasak 18 ribu kotak makanan yang didistribusikan untuk penghuni pondok pesantren," ungkapnya.

Dandim menambahkan, untuk menu dan penyajian makanan telah sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) kesehatan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan. Pemkab juga menyediakan kebutuhan lainnya untuk para santri.

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO