Senin, 21 Juni 2021 01:32

Viralkan Wisata di Tuban, Mahasiswa 7 Negara Bersama Kartar Surabaya Ikuti International Camp

Minggu, 30 Agustus 2020 19:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Viralkan Wisata di Tuban, Mahasiswa 7 Negara Bersama Kartar Surabaya Ikuti International Camp
Ketujuh mahasiswa mancanegara saat mengikuti International Camp.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah mahasiswa mancanegara bersama Karang Taruna (Kartar) Gesit Roso Tambaksari, Surabaya berkunjung ke Kabupaten Tuban dalam rangka kunjungan wisata dan studi budaya.

Kunjungan tersebut dikemas di acara International Camp, kolaborasi antara lintas Komunitas Toeban, Tuban Futures Leader, Muda Sabudarta Indonesia, dan Kartar Tuban, Minggu (30/8).

Selama dua hari, mereka mengeksplorasi berbagai tempat wisata dan budaya di Bumi Wali Tuban. Seperti Pantai Boom, Museum Kambang Putih, Sunan Bonang, Masjid Agung, Goa Akbar, Pemandian Mbektiharjo, Air Terjun Nglirip, Sumber Krawak, Tingkis, dan Wisata Pantai Kelapa.

Panitia acara, Aulina Umazah mengatakan, acara ini untuk mengenalkan dan mempromosikan pariwisata Tuban pada masyarakat luas. Termasuk warga dari mancanegara yang saat ini menempuh perkuliahan di Indonesia. Ada 7 mahasiswa yang berasal dari China, Palestina, Fiji, Nigeria, Ethiopia, Gambia, dan Timor Leste ikut dalam kunjungan ini.

BACA JUGA : 

Wali Kota Maidi: Kita Beruntung Punya Pancasila, Benteng Ideologi Penjaga Persatuan Bangsa

Bobol Data Kartu Kredit untuk Transaksi Mata Uang Kripto, 4 Mahasiswa Diamankan Polda Jatim

Pengunjung Membeludak, Pengelola Wisata di Tuban Diminta Perketat Prokes

Hari Bumi, Mahasiswa dan PKSM Pamekasan Bagikan Takjil dan Bibit Pohon

"Tuban ini banyak tempat wisata yang masih jarang diketahui oleh masyarakat luas. Karena itu kita ingin menviralkan wisata Tuban dengan acara ini, kita kolaborasi sama Kartar Surabaya dan mahasiswa asing," kata Aulina.

Ditambahkannya, sebagian besar peserta ini juga adalah influencer dan youtuber. Sehingga kegiatan eksplorasi wisata Tuban ini juga akan mereka promosikan di akun sosial media masing-masing. "Harapan kita ke depan, wisata di Tuban semakin ramai dan terkenal sampai di mancanegara," tegasnya.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Disparbudpora Tuban, Suwanto, menyambut baik kedatangan rombongan Kartar Surabaya dan warga mancanegara di Kabupaten Tuban.

"Dinas sangat terbantu karena sebagian peserta yang hadir ini infulencer dan youtuber yang ada jaringan internasional. Ini juga bisa mengedukasi berwisata dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19," bebernya.

Selain itu, kedatangan mereka telah membantu mempromosikan pariwisata Tuban yang saat ini sangat membutuhkan partisipasi semua pihak. Terlebih, dalam rangka memulihkan kunjungan wisata, sekaligus mem-branding wisata berbasis protokol Covid-19 yang aman dan nyaman.

"Dengan wisata standar Covid-19 ini diharapkan bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat Tuban maupun dari luar derah untuk ikut partisipasi dalam penanggulangan Covid," jelasnya.

Salah satu peserta International Camp asal Palestina, Ihsan Badran Fakhry Idrees mengaku tertarik dengan pariwisata di Tuban. Ia juga menyukai Kota Tuban.

"Saya suka dengan Tuban, saya tertarik dengan budaya dan wisata Tuban di sini. Saya sudah pernah berkunjung ke Tuban sebelumnya, karena itu ini kota ikut International Camp di Tuban," ucapnya. (gun/ian)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...