Jumat, 23 Oktober 2020 09:17

Viralkan Wisata di Tuban, Mahasiswa 7 Negara Bersama Kartar Surabaya Ikuti International Camp

Minggu, 30 Agustus 2020 19:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Viralkan Wisata di Tuban, Mahasiswa 7 Negara Bersama Kartar Surabaya Ikuti International Camp
Ketujuh mahasiswa mancanegara saat mengikuti International Camp.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah mahasiswa mancanegara bersama Karang Taruna (Kartar) Gesit Roso Tambaksari, Surabaya berkunjung ke Kabupaten Tuban dalam rangka kunjungan wisata dan studi budaya.

Kunjungan tersebut dikemas di acara International Camp, kolaborasi antara lintas Komunitas Toeban, Tuban Futures Leader, Muda Sabudarta Indonesia, dan Kartar Tuban, Minggu (30/8).

Selama dua hari, mereka mengeksplorasi berbagai tempat wisata dan budaya di Bumi Wali Tuban. Seperti Pantai Boom, Museum Kambang Putih, Sunan Bonang, Masjid Agung, Goa Akbar, Pemandian Mbektiharjo, Air Terjun Nglirip, Sumber Krawak, Tingkis, dan Wisata Pantai Kelapa.

Panitia acara, Aulina Umazah mengatakan, acara ini untuk mengenalkan dan mempromosikan pariwisata Tuban pada masyarakat luas. Termasuk warga dari mancanegara yang saat ini menempuh perkuliahan di Indonesia. Ada 7 mahasiswa yang berasal dari China, Palestina, Fiji, Nigeria, Ethiopia, Gambia, dan Timor Leste ikut dalam kunjungan ini.

"Tuban ini banyak tempat wisata yang masih jarang diketahui oleh masyarakat luas. Karena itu kita ingin menviralkan wisata Tuban dengan acara ini, kita kolaborasi sama Kartar Surabaya dan mahasiswa asing," kata Aulina.

Ditambahkannya, sebagian besar peserta ini juga adalah influencer dan youtuber. Sehingga kegiatan eksplorasi wisata Tuban ini juga akan mereka promosikan di akun sosial media masing-masing. "Harapan kita ke depan, wisata di Tuban semakin ramai dan terkenal sampai di mancanegara," tegasnya.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Disparbudpora Tuban, Suwanto, menyambut baik kedatangan rombongan Kartar Surabaya dan warga mancanegara di Kabupaten Tuban.

"Dinas sangat terbantu karena sebagian peserta yang hadir ini infulencer dan youtuber yang ada jaringan internasional. Ini juga bisa mengedukasi berwisata dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19," bebernya.

Selain itu, kedatangan mereka telah membantu mempromosikan pariwisata Tuban yang saat ini sangat membutuhkan partisipasi semua pihak. Terlebih, dalam rangka memulihkan kunjungan wisata, sekaligus mem-branding wisata berbasis protokol Covid-19 yang aman dan nyaman.

"Dengan wisata standar Covid-19 ini diharapkan bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat Tuban maupun dari luar derah untuk ikut partisipasi dalam penanggulangan Covid," jelasnya.

Salah satu peserta International Camp asal Palestina, Ihsan Badran Fakhry Idrees mengaku tertarik dengan pariwisata di Tuban. Ia juga menyukai Kota Tuban.

"Saya suka dengan Tuban, saya tertarik dengan budaya dan wisata Tuban di sini. Saya sudah pernah berkunjung ke Tuban sebelumnya, karena itu ini kota ikut International Camp di Tuban," ucapnya. (gun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...