Sabtu, 31 Oktober 2020 20:12

Sebanyak ​54 Napi dan 3 Petugas Lapas Porong Positif Covid-19, 2 Meninggal, dan 2 Sembuh

Jumat, 28 Agustus 2020 19:35 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Catur Andy
Sebanyak ​54 Napi dan 3 Petugas Lapas Porong Positif Covid-19, 2 Meninggal, dan 2 Sembuh
Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Surabaya di Porong Sidoarjo. (foto: ist).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 54 narapidana dan 3 petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Surabaya di Porong Sidoarjo terpapar Covid-19. Dari jumlah tersebut, dua narapidana meninggal dunia dan dua narapidana sembuh.

Kepala Lapas Porong, Gun Gun Gunawan mengatakan, hasil tracing dan swab massal pada tanggal 25 Agustus 2020 lalu menunjukkan ada 54 warga binaan dan 3 petugas lapas yang terjangkit Covid-19. Dua warga binaan meninggal dunia.

"Saat ini, warga binaan yang kita isolasi di ruangan khusus di dalam lapas ada 51 orang. Satu orang berhasil sembuh dan dan satu orang lagi menurut keterangan dokter Insya Allah segera sembuh. Keduanya dirawat di rumah sakit rujukan. Kita berharap angka kesembuhan terus meningkat," terang Gun Gun, Jumat (28/8/2020) siang.

Gun Gun mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Pemprov Jawa Timur untuk melakukan tracing, test, dan treatment lanjutan. "Saat ini kita sedang dalam proses tracing dan treatment terhadap warga binaan lansia. Jumlahnya sekitar 40 orang lebih. Dari jumlah tersebut, kita pisah lagi yang mempunyai penyakit penyerta karena jumlahnya cukup banyak," ujar Gun Gun.

Gun Gun melanjutkan, saat ini di Lapas Porong ada 3 ruang yang digunakan untuk ruang isolasi dengan kapasitas 120 orang, termasuk ruangan laundry yang diubah untuk ruang isolasi.

"Kita berharap tidak ada lagi penambahan warga binaan yang terpapar. Namun misalkan terjadi penambahan dan ruang kami tidak mencukupi, maka akan kita rujuk ke rumah sakit darurat," imbuh Gun Gun.

Ia menerangkan, saat ini Lapas Porong yang terletak di Desa Kebonagung dihuni 2.356 warga binaan. Jauh melebihi kapasitas normal sebanyak 1.050 orang. Mereka terbagi di 10 blok dan 3 blok isolasi. Jumlah warga binaan yang overload tentu saja menjadi kendala tersendiri untuk pencegahan pandemi Covid-19 termasuk biaya untuk treatment.

"Setiap pagi, semua warga binaan dan petugas, kita wajibkan berolahraga untuk penguatan daya tahan tubuh termasuk mengonsumsi suplemen. Nah masalahnya kami tidak memiliki anggaran. Hal itu sudah kita konsultasikan dengan Ibu Gubernur," ucap Gun Gun.

Gun Gun kembali menjelaskan, untuk mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya menutup sementara waktu tempat ibadah yang ada di dalam lapas. "Sementara ini beribadah di bloknya masing-masing," pungkas Gun Gun. (cat/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 31 Oktober 2020 19:03 WIB
BATU, BANGSAONLINE.com - Libur cuti bersama menyambung akhir pekan (Long Weekend) Oktober 2020 ini dimanfaatkan masyarakat mengunjungi beberapa tempat wisata. Salah satunya di Kota Wisata Batu.Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun memantau la...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...