Perhutani Gandeng TNI-Polri Sosialisasi Pengendalian Kebakaran Hutan di Ngawi

Perhutani Gandeng TNI-Polri Sosialisasi Pengendalian Kebakaran Hutan di Ngawi Danramil Jogorogo saat menyampaikan sambutannya.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kebakaran hutan di saat musim kemarau panjang seringkali terjadi. Demi mengantisipasi kebakaran hutan tersebut, TNI-Polri dan menggelar sosialisasi pengendalian dan pencegahan kebakaran hutan di wilayah BKPH Lawu Utara, Kamis (27/08).

Acara yang digelar di area wisata milik PT tersebut dalam rangka meningkatkan sinergitas antara pengelola PT , TNI-Polri, masyarakat, serta pemerintahan desa dalam mewujudkan pelestarian sumber daya hutan.

"Tujuan dari acara ini sebagai upaya kita dalam mengajak masyarakat sekitar hutan untuk saling merawat dan melindungi tanaman hutan dalam menjaga kelestarian sumber mata air," jelas Budi Prihartono, Asper BKPH Lawu Utara saat ditemui BANGSAONLINE.com.

Selain sosialisasi, juga dilakukan penanaman pohon di wilayah BKPH Lawu Utara tepatnya di RPH Manyul. PT telah menyiapkan 187.296 pohon dari segala jenis dengan masa penanaman selama satu tahun di area 468,24 hektare yang termasuk di dalamnya area wisata Srambang Park.

"Dari TNI Polri dan LMDH akan mendukung sepenuhnya program pelestarian hutan," terang Kapten Czi Nur Volasohi, Danramil Jogorogo.

"TNI Polri bersama masyarakat sekitar hutan yang tergabung dalam LMDH siap sebagai garda terdepan dalam mewujudkan pelestarian hutan di wilayah Ngawi," lanjut Danramil.

Menurunya, fungsi hutan sangat penting bagi kehidupan masyarakat berkaitan dengan pelestarian sumber mata air, serta untuk mencegah banjir serta longsor. Karena itu, ia mengajak seluruh pihak menjaga hijaunya hutan demi anak cucu.

"Kita bersama jajaran dan masyarakat akan senantiasa siap menjaga kelestarian hutan," tukasnya. (nal/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO