Rabu, 27 Januari 2021 01:21

Bupati Sambari Gelar Groundbreaking Proyek Tanggul di Desa Jono Cerme

Selasa, 25 Agustus 2020 17:09 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Bupati Sambari Gelar Groundbreaking Proyek Tanggul di Desa Jono Cerme
Bupati Sambari bersama pejabat Bakorwil, BBWS, dan Forkopimda saat groundbreaking proyek tanggul di Desa Jono, Cerme. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim melaksanakan groundbreaking pembangunan proyek tanggul untuk pengendalian banjir luapan Kali Lamong di Desa Jono, Kecamatan Cerme, Selasa (25/8).

Selain bupati, hadir anggota Forkopimda Gresik, Ketua Bakorwil II Bojonegoro Dyah Wahyu Irmawati, perwakilan dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS) Isdianto, serta pejabat muspika setempat.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada pihak BBWS yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat Desa Jono dengan membangun tanggul. 

"Semoga bantuan pembangunan tanggul ini dapat memberikan manfaat mengurangi bencana banjir di desa ini. Kami kira ini hanya sebagai bantuan pemanasan awal yang nantinya akan diikuti dengan bantuan pembangunan yang lebih besar," harap Sambari.

"Keberadaan Desa Jono rawan banjir akibat luapan kali lamong," imbuhnya.

Menurut Sambari, pada tahun 2019 Desa Jono termasuk salah satu desa yang mengalami kebanjiran akibat jebolnya tanggul Kali Lamong.

Dia menyatakan, sampai saat ini Pemkab Gresik telah menyelesaikan studi Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP) tahap I. "Saya berharap sampai akhir 2020, studi LARAP selesai," harapnya.

Total panjang Kali Lamong 103 km, yang melintasi wilayah Gresik 58 km. Kali Lamong melintasi beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Gresik yaitu Kecamatan Balongpanggang, Menganti, Kedamean, Benjeng, Cerme, Kebomas.

Sambari mengungkapkan, pihaknya telah mempersiapkan anggaran untuk pembebasan tanah sebesar Rp 150 miliar. Dia berharap agar hasil studi LARAP ini sesuai perkiraan yang sudah dibuat yaitu untuk pembebasan tanah sekitar 149 hektare. 

"Saya berharap bupati pengganti saya nanti dapat melaksanakan proyek normalisasi Kali Lamong tersebut," harapnya. "Kami sudah melaksanakan pembebasan tanahnya, pihak BBWS segera melaksanakan pekerjaan fisiknya. Segala teknis pengerjaannya saya serahkan ke BBWS," sambungnya.

Isdianto, perwakilan dari BBWS mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab Gresik, terutama Bupati Sambari Halim Radianto. "Selama ini kami banyak dibantu. Beberapa bantuan yang telah dilaksanakan di Gresik yaitu pembangunan lumbung air di Desa Sukodono, Kecamatan Panceng, Gresik," ucapnya.

Dia juga menyebut beberapa pembangunan lain seperti Bendung Gerak Sembayat (BGS), dan studi revitalisasi Waduk Bunder. "Kami berharap, warga masyarakat mau bekerja sama membantu kami dengan merelakan tanahnya untuk diganti rugi yang sewajarnya. Semuanya untuk kepentingan bersama," pungkasnya. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...