Selasa, 27 Oktober 2020 21:16

Jargas di Sidoharjo Lamongan Meledak, PGN: Ini Bukan Human Error

Kamis, 20 Agustus 2020 18:23 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Triwi Yoga Margiono
Jargas di Sidoharjo Lamongan Meledak, PGN: Ini Bukan Human Error
Warga yang menunjukan bekas ledakan dan kebakaran jargas.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Titik jaringan distribusi gas bumi rumah tangga (Jargas) milik Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jalan Andan Wangi, Kelurahan Sidoharjo, Lamongan meledak, Rabu (19/8/2029) malam.

Djoko Bisono, salah satu warga menjelaskan, kejadiannya sekitar pukul 23.00 WIB. Saat suasana malam hening, tiba-tiba dikejutkan dengan suara ledakan keras.

Spontan warga sekitar kejadian berhamburan keluar menuju arah sumber suara. Warga terkejut, ternyata sumber suara terlihat menyemburkan api.

"Ada ledakan yang keras, lalu ada api menyembur keluar. Sumber api dari bawah trotoar. Bahkan penutup trotoar juga terlihat terlempar," katanya.

Kebakaran dipastikan berasal dari jaringan gas. Ini menjadikan warga panik. Khawatir api akan menjalar ke jaringan perumahan lainnya. Seketika itu, warga menghubungi pemadam kebakaran.

Satu unit mobil pemadam kebakaran pun datang untuk memadamkan api akibat ledakan saluran gas itu.

Suwanto salah satu petugas PMK Lamongan menerangkan bahwa pihaknya tidak berani menyemprotkan air karena bersumber dari gas.

"Saya matikan kontrol saluran sumber gas, dan akhirnya padam karena gas menguap ke udara," ujar Suwanto.

Sementara, Alfan dari pihak PGN mengatakan, ledakan dan kebakaran yang terjadi di saluran gas yang tertanam di trotoar itu meledak bukan dari human error.

“Mungkin pipa bocor karena dimakan tikus dan kebakaran akibat puntung rokok,” ujarnya.

Seperti diketahui, jargas milik PGN ini sudah ada di sepanjang trotoar Kota Lamongan yang akan digunakan sebagai pengganti tabung gas. (lmg1/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...