Kamis, 15 April 2021 00:06

SPBU Gedungan Sumenep Masih Layani Pengisian BBM Gunakan Jerigen Plastik

Jumat, 14 Agustus 2020 13:01 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Sahlan
SPBU Gedungan Sumenep Masih Layani Pengisian BBM Gunakan Jerigen Plastik
SPBU Gedungan saat melayani pengisian BBM, Kamis (13/08) malam.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Insiden kebakaran di SPBU Desa Larangan Badung, Pamekasan beberapa waktu lalu, tak memberikan efek jera bagi beberapa pengelola SPBU yang ada di Sumenep. Pantauan BANGSAONLINE.com, pengelola SPBU masih tetap melayani pembelian BBM terhadap konsumen yang menggunakan jerigen plastik.

Sebut saja SPBU bernomer 5469403 di Desa Gedungan, persisnya yang ada di depan Kampus STKIP Sumenep. SPBU ini tetap saja melakukan pengisian BBM dengan menggunakan jerigen plastik yang mudah terbakar. Padahal praktik ini dilarang Pertamina.

Dalam edaran Pertamina nomor S2563/F15410/2019-S3 tentang Pemberitahuan Pelayanan dengan Menggunakan Jerigen, di poin 3 disebutkan bahwa pengisian BBM wajib menggunakan jerigen logam. Sedangkan di poin 4, SPBU yang melanggar ketentuan tersebut akan diberlakukan sanksi.

Salah satu warga Sumenep, Anto yang sekaligus pelanggan SPBU Gedungan, menyayangkan praktik penjualan BBM menggunakan jerigen. Pasalnya, konsumen tersebut tidak hanya satu jerigen, melainkan sampai puluhan jerigen.

BACA JUGA : 

​Tinjau Proyek Gas di Bojonegoro, Ahok Minta JTB On-Stream Tepat Waktu

Jelang Ramadan, Pertamina Peduli Santuni Yatim Piatu di Bojonegoro

​Kiai Asep Minta Para Ulama Merenung Atas Terbakarnya Kilang Minyak Pertamina

​Mariati Terbantu dan Jadi Tangguh Berkat Sahabat Pertamina

Salah satu warga Sumenep, Anto yang sekaligus pelanggan SPBU Gedungan, menyayangkan praktik penjualan BBM menggunakan jerigen. Pasalnya, konsumen tersebut tidak hanya satu jerigen, melainkan sampai puluhan jerigen.

“Kan kasihan kepada pengecer yang hanya keperluannya untuk kendaraan sepeda motor (roda dua, red). Selain terganggu, kami juga merasa khawatir mas, saat ada pengisian jerigen plastik, takut terjadi insiden seperti yang kejadian di Pamekasan pada tempo hari. Sebab memang penggunaan jerigen plastik sangat berbahaya,” kata dia Jumat (14/08).

Anto berharap, Pertamina menindak tegas SPBU yang masih nekat melayani pembelian BBM menggunakan jerigen plastik.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Ainul, Penanggung Jawab SPBU Gedungan mengatakan, pihaknya sudah melakukan imbauan kepada pelanggan tentang penggunaan jerigen plastik agar beralih ke jerigen logam.

"Caranya dengan cara bertahap, dan itu pun sudah kami sampaikan ke semua pelanggan. Namun pertanyaannya, apakah setelah beralih ke jerigen logam tidak akan muncul masalah baru lagi?," ujarnya melalui WhatsApp.

Ditanya alasannya masih melayani jerigen plastik, Ainul mengatakan hal itu semata-mata untuk membantu masyarakat kecil yang ada di pelosok. "Kami hanya membantu teman-teman pengecer premium saja mas, untuk melayani masyarakat desa, terutama yang jauh dari SPBU," ujar dia. (aln/ns)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...