Sabtu, 19 September 2020 18:48

BPJS Ketenagakerjaan Jember: Pendataan Pekerja Penerima Bantuan Covid-19 Sudah 50 Persen

Kamis, 13 Agustus 2020 20:32 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
BPJS Ketenagakerjaan Jember: Pendataan Pekerja Penerima Bantuan Covid-19 Sudah 50 Persen
Ilustrasi.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dampak Vovid-19 kian dirasakan oleh para pekerja. Pemerintah pusat melalui BPJS Ketenagakerjaan saat ini sedang melakukan pendataan kepada pekerja yang terdampak ekonominya.

Seperti yang terjadi di Jember, sekitar 80 ribu pekerja aktif yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan yang gajinya di bawah Rp 5 juta, sudah 50 persen lebih yang menyerahkan rekening sebagai syarat penerima bantuan dari pemerintah pusat.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember Edy Suryono mengatakan, bantuan dari pemerintah pusat ini akan diberikan kepada pekerja yang gajinya di bawah Rp 5 juta. Bantuan itu berupa uang sebesar Rp 600 ribu per bulan.

"Ya, sekarang kita data semua. Pendataan sekarang masih berjalan, namun angka detailnya masih belum bisa diberikan. Persentasenya ya bisa dikatakan 50 persen lebih sudah terdata," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (13/8/2020).

Sedangkan perusahaan diberikan tugas untuk melakukan pendataan nomor rekening pekerjanya dan disetorkan ke BPJS. Nantinya, bantuan langsung ditransfer ke rekening masing-masing.

"Perusahaan yang ada kami sudah sosialisasikan untuk mulai mendata karyawan atau pekerjanya untuk diberikan bantuan," terangnya.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut nantinya akan diberikan langsung ke nomor rekening dari pekerja tersebut. "Jadi, tidak melalui pihak-pihak lain, dan BPJS hanya melakukan pendataan. Nanti langsung ditransfer oleh pusat ke nomer rekening tersebut," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah akan memberikan bantuan uang tunai senilai Rp 600 ribu per bulan kepada seluruh pekerja dengan penghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan. Bantuan ini diberikan terhitung September sampai Desember, yang akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing pekerja setiap 2 bulan sekali. (jbr1/yud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...