Antisipasi Libur Akhir Pekan, Dua KA Brantas Dioperasikan

Antisipasi Libur Akhir Pekan, Dua KA Brantas Dioperasikan KA Brantas saat berada di Stasiun Nganjuk. (foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE)

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.

Manajer Humas Madiun, Ixvan Hendriwintoko mengatakan, secara teknis keduanya akan beroperasi pada tanggal 14-17, dan 19-24 Agustus 2020.

Sementara untuk jadwal keberangkatan KA 117 Brantas, dari Blitar pukul 12.00 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen Jakarta pukul 02.10 WIB. Sedangkan KA 118 Brantas, berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 13.30 WIB dan tiba di Stasiun Blitar 03.55 WIB.

"KA Brantas termasuk dalam kelas nonsubsidi, rangkaiannya terdiri atas 4 kereta kelas ekonomi AC, 4 kereta kelas eksekutif, 1 kereta pembangkit, dan 1 kereta makan,” ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (12/8/2020).

Ditambahkan, stasiun di Daop 7 Madiun yang menjadi pemberhentian KA Brantas, yakni Stasiun Blitar, Tulungagung, Kediri, Kertosono, Nganjuk, Caruban, Madiun, Magetan, Ngawi, dan Stasiun Walikukun.

“Tiket dapat diperoleh melalui pemesanan mulai H-7 di aplikasi KAI Access, website kai.id, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya,” katanya.

Ia menerangkan, meski kini sejumlah kereta api reguler sudah mulai kembali beroperasi, namun KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti mensyaratkan surat keterangan bebas Covid-19, wajib memakai masker, suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat, serta dalam kondisi sehat (tidak memiliki gejala flu seperti demam, batuk, dan sesak napas) selama perjalanan. Selain itu, para penumpang yang naik kereta diimbau untuk mengenakan pakaian lengan panjang.

Ia menegaskan, pelanggan KA jarak jauh juga diharuskan mengenakan face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Bagi pelanggan dewasa, face shield akan disediakan KAI, sedangkan pelanggan dengan usia di bawah 3 tahun (infant) agar membawa face shield pribadi.

"Semoga beroperasionalnya kembali KA Brantas ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang akan bepergian dalam mengisi libur panjang Hari Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam," pungkasnya. (bam/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terobos Perlintasan Kereta Api, Honda Brio di Cilegon Ringsek':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO